Potensi Pribiotik Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelulus Hidupan Benih Mujair (oreochromis mossambicus)

Titin Liana Febriyanti, Rahyuni Sy Domili

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan membuktikan kombinasi yang paling optimal probiotik pada pakan dengan padat tebar yang berbeda terhadap pertumbuhan mutlak dan kelulus hidupan pada benih ikan mujair (Oreochromismossambicus). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Akuakultur Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan skala laboratorium. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial. Dosis prebiotik pada pakan yaitu 15ml/kg (P1) dan 20ml/kg (P2) dengan 3 perlakuan padat tebar yaitu 2, 3, 4 ekor dan 3 kali ulangan. Tahapan dalam penelitian ini yaitu dari persiapan alat dan bahan, menyiapkan bakteri probiotik (Bacillus sp., Lactobacillus sp., Nitrosomonas sp.), pemberian probiotik pada pakan serta media, kemudian pemeliharaan beih ikan mujair (Oreochromis mossammbicus) selama 10 minggu. Variable yang diamati dalam penelitian ini adalah pertumbuhan berat mutlak dan kelulushidupan. Hasil yang diperoleh pertumbuhan tertinggi dicapai pada perlakuan P1B yaitu dengan rerata 12,74 g. Sedangkan pertumbuhan terendah dicapai pada perlakuan P2C yaitu dengan rata-rata sebesar 9,44 g.Kelulus hidupan tertinggi terdapat pada perlakuan (P1B) 93%, sedangkan kelulushidupan terendah pada perlakuan P2C yaitu sebesar 86,67 %.
Kata Kunci: Potensi Probiotik, Mujair (Oreochromismossambicus), Pertumbuhan, Kelulushidupan, Pakan, Padat Tebar

References


Aquarista, F., Iskandar dan V. Subhan. 2012. Pemberian Probiotik Dengan Carier Zeolit Pada Pembesaran Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Jurnal Perikanan dan Kelautan. 3 (4): 133-140. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad. ISSN: 2088-3137

Asmawi, S. 1983. Pemelioharan Ikan Dalam Keramba. PT. Gramedia. Jakarta. www.agustyar.com/2015/04/kimia-air.html?=1. Diakses pada tanggal 15 agustus 2019.

Avnimelech, Y. danG. Ritvo. 2003. Shrimp and fish pond soils: processes and management. Aquaculture

Craig, W. J., 2009, Health effects of vegan diets, Am J Clin Nutr. 89(suppl):1657S-33S.

Fitrianingsih S.P., F. Lestari, S. Aminah. 2014. Uji Efek Antioksidan Ekstrak EtanolKulitBuahSalak[SalaccaZalacca(Gaertner)Voss]DenganMetode Peredaman DPPH. Prosiding SNaPP2014 Sains, Teknologi, dan Kesehatan ISSN2089-3582.

He, S., Liu, W., Zhou, Z., Mao, W., Ren, P., Marubashi, T., & Ringo, E. (2011). Evaluation of probiotic strain Bacillus subtilis C3102 as a feed supplement for koi carp (Cyprinus carpio). Journal Aquatic Research and Development.

Irianto, A. 2003. Probiotik Untuk Akuakultur. Yogyakarta: Gajah MadaUniversity.

Mansyur A. Dan Malik A. T., 2008. Probiotik: Pemanfaatannya untuk Pakan Ikan Berkualitas Rendah. Media Akuakultur Volume 3 Nomor 2. Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau.Maros.

Moriarty,D.J.W., O. Decamp and P. Lavens., 2005. Probiotic in Aquaculture. Aquaculture Asia Pacific Magazine, September/October 2005:14-16.

Noor .S dan Pakaya. R. 2018. Pengaruh Penambahan Probiotik EM-4 (Evective Mikroorganism-4) Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Ikan Gurame (Osprhronemusgouramy). Gorontalo Fisheries Journal. Volume 1 Nomor 1. April 2018.

Parasmewari, W., Sasanti. A. D., dan Muslim, 2013. Populasi Bakteri, Histologi, Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Gabus (Channa striata) Yang Dipelihara Dalam Media Dengan Penambahan Probiotik. Jurnal. Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian. Universitas Sriwijaya. Indralaya.

Putra, A. N. 2010. Kajian Probiotik, Prebiotik dan Sinbiotik Untuk Meningkatkan Kinerja Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Tesis. Program Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Senditya. M, M. Sofyan, Teti. S, Ella. S. 2014. Efek Prebiotik dan Sinbiotik Simplisia Daun Cincau Hitam (Mesona palustris BL) Secara In vivo : Kajian Pustaka. Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol.2 No 3p. Juli 2014.

Wardika. A, Suminto, Agung. S. 2014. Pengaruhbakteriprobiotik Pada Pakan Dengan Dosisberbedaterhadap Efisiensi Pemanfaatan Pakan, Pertumbuhan Dankelulushidupan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus). Journal of Aquaculture Management and Technology Volume 3, Nomor 4, Tahun 201




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v2i2.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia