Pengaruh Penambahan Tepung Ulat Sagu Pada Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila Di Wadah Terkontrol

Sudirto Malan, Riksanjani Riksanjani

Abstract


Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu komoditas perikanan yang digemari masyarakat dalam memenuhi kebutuhan protein hewani karena memiliki daging yang tebal serta rasa yang enak. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ikan adalah pakan. Pakan merupakan salah satu unsur penting dalam kegiatan budidaya. Penelitian ini bertujuan Mengetahui pengaruh penambahan tepung ulat sagu pada pakan buatan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila dan dapat mengetahui dosis tepung ulat sagu yang baik terhadap kualitas pakan buatan untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini dilaksanakan Pada bulan Oktober sampai bulan November 2018. di Laboraturium Basah Kastela Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Khairun Ternate. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah penambahan tepung ulat sagu A 20 gr dari 100 gram pakan, B sagu 25 gr dari 100 gram pakan, C 30 gr dari 100 gram pakan, D pakan komersil (kontrol). Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertumbuhan mutlak tertinggi terdapat pada pelakuan D pakan komersil (kontrol) sebesar 8,54 gram, diikuti perlakuan C sebesar 5,98 gram, perlakuan B sebesar 5,64 gram dan perlakuan A sebesar 4,84 gram. Pertumbuhan sesaat SGR nilai tertinggi diperoleh pada perlakuan D pakan komersil (kontrol) sebesar 3,87 gram di ikuti dengan perlakuan C sebesar 3,82 gram, perlakuan B sebesar 3,81 gram dan yang terendah perlakuan A yaitu sebesar 3,80 gram. Tingkat kelangsungan hidup benih ikan nila selama 28 hari pada tiap-tiap perlakuan memiliki nilai yang sama, yaitu 100 %.
Kata Kunci: Ikan Nila, Pertumbuhan, Tingkat Kelangsungan hidup

References


Arief, M., I. Triasih dan W. P.Lokapirnasih. 2004. Pengaruh Pemberian Pakan Alami dan Pakan Buatan terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Betutu (Oxyeleotris marmorata Bleeker.). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelangsungan Volum 1

Effendie, M.I. 1997. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakarta.

Ebeling, J. M., C.F. Welsh, K.L. Rishel. 2006. Performance Evaluationof an Inclined Belt Filter Using Coagulation/Flocculation Aids for the Removal of Suspended Solid sand Phosphorus from Microscreen Backwash Effluent. Aquaculture Engineering, 35: 61-77.

Gusrina. 2008. Budidaya Ikan Jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.

Hadi, M., Agustono dan Y. Cahyoko. 2009. Pemberian tepung limbah udang yang difermentasi dalam ransum pakan buatan terhadap laju pertumbuhan, rasio konversi pakan dan kelangsungan hidup benih ikan nila. Universitas Airlangga.

Kordi, K.M.G.H. 1997. Budidaya Ikan Nila. Dahara prize. Semarang.

Kurnia, A.2005. Aklimatisasi Benih Ikan Nila (Oreochromis sp.) dengan Pencampuran Air Gambut. Jurnal Ilmu Hewan Tropika. 1 (2): 78-82 Agus G.T.K., 2002. Budidaya Gurami. AgroMedia Pustaka: Jakarta.

Linder M. C. 1992. Biokimia nutrisi dan metabolisme dengan pemakaian secara klinis. Department of Chemistry. California State University. Fullerton. Penerjemah Aminudin Paralkasi. UI Press. 781 hal.

Mudjiman.2000. Makanan Ikan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Muslimin, M. J. Jairin dan N.B.P. Utomo. 2011. Maskulinisasi ikan nila (Oreochromis niloticus) dengan pemberian testis. Sapi. Jurnal Akuakultur Indonesia. Vol. 10 (1): 51-58 hal.

Prakoso, T. 2014. Pengaruh suhu yang berbeda terhadap laju pertumbuhan benih ikan Gurami (Osphronemus gouramy lac) di dalam akuarium [skripsi]. Pangkalan Bun: Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Antakus.

Utojo. 1995. Pengaruh Kadar Protein Pada Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Kakap Putih (Later calcarifer Bloch). Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia I (4) : 37-48.

Wikanta, T. 2005. Analisa Kimia Kandungan Gizi Larva Kumbang Merah Kelapa (Rhynchophorus ferrugineus Olivier). Pusat Riset Pengolahan Produk dan




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v2i2.1430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia