Price tag impact of Limboto Lake degradation on the social-economic conditions of local fisherman

Ni’mawati Syariah, Rahyuni Sy Domili, Titin Liana Febryanti, Asruddin Asruddin

Abstract


Masyarakat nelayan di pesisir Danau Limboto memiliki ketergantungan yang sangat besar dalam hal ekonomi pada hasil Danau Limboto. Hal ini menjadi memprihatinkan ketika melihat kondisi danau yang terus mengalami degradasi. Degradasi yang terjadi terlihat dari pendangkalan danau, eutrofikasi, pencemaran, dan alih fungsi lahan yang dilakukan oleh masyarakat. Disisi lain besarnya nilai kerusakan ekosistem belum bisa diprediksi seberapa besar nilai dan dampaknya. Komunitas nelayan yang memanfaatkan Danau Limboto terancam secara langsung akibat adanya degradasi dan kerusakan ekosistem Danau Limboto. Masyarakat semakin kesulitan mendapatkan kesejahteraan dan kehidupan yang lebih baik akibat lingkungan danau yang semakin terdegradasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkuantifikasi seberapa besar Price Tag dampak degradasi lingkungan Danau Limboto apabila dirupiahkan, seberapa besar arti keberadaan Danau limboto bagi masyarakat nelayan dan  bagaimana dampak degradasi lingkungan tersebut mempengaruhi kondisi sosial ekonomi nelayan disekitar Danau Limboto. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey dengan mengambil sampel 10% dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total nilai ekonomi dari ekosistem danau Limboto sebesar Rp 581.919.234.588,-/tahun atau sebesar Rp 193,973,078,-/ha/tahun. Taksiran kerugian akibat penurunan pendapatan nelayan bubu sebesar Rp 146.355.422,-/tahun. Manfaat keberadaan danau Limboto bagi nelayan sebesar Rp104.216.667,-/tahun. Dampak degradasi danau Limboto menyebabkan penurunan pendapatan nelayan tangkap,  perubahan penggunaan alat tangkap nelayan ataupun beralih profesi ke pekerjaan lain.

 Kata Kunci : Danau Limboto, Degradasi, Price Tag, Sosial Ekonomi Nelayan


References


Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit Rineka Cipta. Yogyakarta.

Badan Riset Kelautan dan Perikanan, 2007. Monografi Sumberdaya Perikanan Danau Limboto. Departemen Kelautan dan Perikanan.

BPDAS Bone-Bolango,2014. Eksekutiv Sumeri RTLRRKT DAS Limboto. Balai Pengelolaan DAS Bone-Bolango Gorontalo.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo. 2020. Data Alat tangkap dan Pembudidaya di Perairan Danau Limboto.

Endang Saleh S, 2014. Strategi Penghidupan Penduduk Sekitar Danau Limboto Provinsi Gorontalo. Disertasi Prodi Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Gorontalo.

Fauzi. A, 2002. Valuasi ekonomi sumberdaya pesisir dan lautan. Makalah pada Pelatihan Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasim, 2013. Desain Kebijakan Pengelolaan Perikanan Budidaya Untuk Menunjang Ekosistem Danau Limboto Lestari. Nikè: Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. vol. 1, no. 3, pp. 186-192, Desember 2013.

Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. 2011. Profil 15 Danau Prioritas Nasional.

Krismono dan Kartamihardja E.S, 2010. Pengelolaan Sumberdaya Ikan di Danau Limboto, Gorontalo. Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia, vol 2, no 1, pp, 27-41, Mei 2010.

La Ode A, 2019. Dampak Perubahan Penutupan Lahan Daerah Tangkapan Air (DTA) Limboto. Prosiding Fungsi Kawasan Hutan.

Munasinghe. 1993. Environmental Economics and Sustainable Development. World Bank Environmental Paper Number 2.

Pemerintah Provinsi Gorontalo, 2016. Laporan Akhir Kajian Lingkungan Hidup Strategis untuk RTR-KSP Kawasan Danau Limboto Tahun 2016-2036, Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Suryono T, Sunanisari S, Mulyana E dan Rosidah, 2010. Tingkat Kesuburan dan Pencemaran Danau Limboto Gorontalo, Jurnal Oseanologi dan Limnologi di Indonesia vol. 36, no. 1, pp. 49-61, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v4i1.3352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia