Uji efektivitas ekstrak tauge dan logam Fe terhadap kepadatan Chlorella vulgaris

Rindiani Puja Listari, Maya F Angraini F Utami, Nurlaila Ervina H

Abstract


ABSTRAK

Chlorella vulgaris merupakan fitoplankton yang termasuk dalam kelas Chlorophyceae yang sudah dapat dibudidayakan dan dimanfaatkan sebagai pakan alami. Pertumbuhan Chlorella vulgaris dipengaruhi oleh makro dan mikro nutrien yang ada dalam suatu media. Salah satu media kultur alternatif yang bisa digunakan untuk media kultivasi adalah Media Ekstrak Tauge (MET) dan logam Fe. Tujuan penelitian menganalisis kepadatan Chlorella vulgaris terhadap variasi kombinasi konsentrasi ekstrak tauge dan logam Fe. Rancangan penelitian menggunakanpp-p Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan faktor pertama adalah ekstrak tauge dengan konsentrasi 8% dan 10%, faktor yang kedua adalah penambahan Fe sebanyak 0,5 ppm dan 0,6 ppm. Chlorella vulgaris yang dikultur pada penelitian ini memiliki 3 fase pertumbuhan yang teramati, yaitu fase adaptasi, logaritmik dan kematian. Fase stasioner tidak teramati dengan jelas pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi kombinasi ekstrak tauge dan Fe tidak menghasilkan kepadatan sel Chlorella vulgaris yang berbeda, sedangkan uji pada masing-masing faktor perlakuan (ekstrak tauge dan Fe) menghasilkan kepadatan sel Chlorella vulgaris yang berbeda. Konsentrasi ekstrak tauge dan Fe yang lebih tinggi menghasilkan kepadatan sel Chlorella vulgaris yang lebih tinggi sehingga untuk meningkatkan kultur Chlorella vulgaris dapat menggunakan medium ekstrak tauge 10% dan Fe 0,6 ppm.

Kata Kunci : kultur, media, pertumbuhan, sterilisasi


References


Amanatin, D. R., dan Nurhidayati, T. 2013. Pengaruh Kombinasi Konsentrasi Media Ekstrak Tauge (Met) Dengan Pupuk Urea Terhadap Kadar Protein (Spirulina Sp). Jurnal Sains Dan Seni Pomits. 2 (2) : 182-185.

Amini, S., dan Syamdidi. 2006. Konsentrasi Unsur Hara Pada Media Pertumbuhan Chlorella vulgaris Dengan Pupuk Anorganik Teknis Dan Analisis, Jurnal Perikanan 8 (2) : 201-206.

Chalid, S.Y., S. Amini, dan S.D. Lestari. 2010. Kultivasi Chlorella Sp. Pada Media Tumbuh Yang Di Perkaya Dengan Pupuk Anorganik Dan Soil Extract. Jurnal Kimia Valensi.

Ilahi, R. 2019. Pengaruh Kombinasi Konsentrasi Ekstrak Tauge Dengan Air Kelapa Terhadap Pertumbuhan Kepadatan Nannochloropsis Sp. Skripsi. Program Studi Ilmu Kelautan Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Bengkulu

Imelda, S., C. Claudia, O. Lambui, dan I.N Suwastika. 2018. Kultivasi Fitoplankton Isolat Lokal Pada Medium Ekstrak Tauge. Journal Of Science And Technology 7(2) : 148 – 15.

Iriani, D., B. Hasan, dan Sumarto. 2017. Pengaruh Konsentrasi Ion Fe3+ Yang Berbeda Terhadap Kandungan Klorofil A Dan B, Karotenoid Dan Antioksidan Dari Chlorella Sp. Berkala Perikanan Terubuk 45(1) : 48-58.

Kawaroe, M., T. Partono, A. Sunuddin, D.W. Sari, D. Augustine. 2010. Fitoplankton Potensi Dan Pemanfaatannya Untuk Produksi Bio Bahan Bakar. Bogor: Ipb Press.

Lesmana. P.A., et al.,. Pengaruh Penggunaan Limbah Air Budidaya Ikan Lele Sebagai Media Pertumbuhan Spirulina sp.. Jurnal Perikanan 9(1) : 50-65

Novianti, T. 2019. Studi Tentang Pertumbuhan Fitoplankton Chlorella vulgaris. Yang Dikultivasi Berdasarkan Sumber Cahaya Yang Berbeda. Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1 (2) : 1-8.

Prabowo. D.A. 2009. Optimasi Pengembangan Media Untuk Pertumbuhan Chlorella Sp Pada Skala Laboratorium. Skripsi. Program Studi Ilmu Dan Teknik Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Prihartini. N.B. 2005. Pertumbuhan Chlorella Spp. Dalam Medium Ekstrak Tauge (Met) Dengan Variasi PH Awal. Jurnal Makara Sains 9(1) : 1-6.

Primaryadi, I.N.B., A.A.M.D. Anggreni, dan N.M. Wartini. 2015. Pengaruh Penambahan Magnesium Sulfat Heptahidrat Dan Feri Klorida Pada Blue Green Medium-11 Terhadap Konsentrasi Biomassa Fitoplankton Tetraselmis Chuii. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri 3(2) : 92-100.

Rizky, Y.A. 2013. Pengaruh Penambahan Fe(Ii) Terhadap Produksi Klorofil Dan Potensi Hidrogen Yang Dihasilkan Pada Fitoplankton Chaetoceros Calcitrans, Chlorella Vulgaris, Dunaliella Salina, Dan PorpHyridium Cruentum. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin. Makassar.

Siregar, 2014. Pengaruh Konsentrasi Naoh Dan Lama Waktu Pemanasan Microwave Dalam Proses Pretreatment Terhadap Kadar Lignoselulosa Chlorella vulgaris. Jurnal Teknologi Pertanian 15 (2) : 129-138




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v5i1.4751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia