Identifikasi dan prevalensi endoparasit pada ikan tongkol (Euthynnus affinis) di tempat pelelangan ikan (TPI) Ketapang Kota Pangkalpinang

Rifani Rifani1, Riko Irwanto, Andri Kurniawan

Abstract


ABSTRAK

Ikan Tongkol abu-abu (Euthynnus affinis) memiliki harga yang cukup ekonomis di kalangan masyarakat Kota Pangkalpinang. Kandungan protein, karbohidrat dan mineral pada Ikan Tongkol mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun Ikan Tongkol yang bernilai gizi juga harus dipastikan aman dan sehat bagi konsumen, karena Ikan Tongkol tergolong ikan karnivora yang berpotensi sebagai inang endoparasit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prevalensi, intensitas dan tingkat dominansi dari infeksi jenis endoparasit yang menginfeksi Ikan Tongkol di TPI Ketapang Kota Pangkalpinang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-November 2020. Sampel diperoleh dari TPI Ketapang Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pengujian sampel dilakukan di Laboratorium Penguji Parasit (LP-683-IDN) Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Pangkalpinang. Hasil identifikasi didapatkan 4 jenis endoparasit yang menginfeksi sampel Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) yaitu Anisakis sp., Didymozoid sp., Rhadinorhyncus sp., dan endoparasit Cestoda yang hanya dapat diidentifikasi hingga kasta kelas saja. Jumlah sampel yang terinfeksi dari seluruh jumlah sampel diuji diperoleh nilai tingkat prevalensi sebesar 68,18% dengan kategori infeksi sangat sering. Intensitas tertinggi ditemukan pada infeksi endoparasit Rhadinorhyncus sp. yang masuk dalam kategori infeksi sedang. Endoparasit yang paling dominan menginfeksi sampel uji pada penelitian ini berasal dari endoparasit Rhadinorhyncus sp. dengan persentase 92,59%.

 Kata kunci: tongkol, endoparasit, identifikasi, Pangkalpinang


References


Agustin W. 2020. Identifikasi Parasit pada Ikan Nila (Oreochromis sp.) Budidaya di Kolong Pasca Tambang Timah pada Musim Hujan dan Pancaroba [Skripsi]. Bangka Belitung: Universitas Bangka Belitung.

Arizona MO, Sudirman A, Andi G. 2020. Identifikasi dan Prevalensi Parasit Pada Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat. Jurnal Ilmu Perairan 1(1): 1-12.

Grabda. 1991. Marine Fish Parasitology. PWN – Polish Scientific Publisher: Warszawa

Hibur OS, Annytha IRD, Julianty A, Irmasuryani. 2016. Tingkat kejadian Parasit Anisakis sp. pada Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) dan Ikan Tongkol (Auxis thazard) yang dijual di Tempat Penjualan Ikan Pasir Panjang Kota Kupang. Jurnal Kajian Veteriner 4(2): 40-51.

Hutama FP, Kismiyati, Gunanti M, Putri DW. 2018. Identifikasi Endoparasit dan Prevalensi Cacing Endoparasit Pada Ikan Layang Deles (Decapterus macrosoma) di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia 6(1): 77-82.

Kabata Z. 1985. Parasites and Disease of Fish Cultured In the Tropics. Taylor and Francis, London, Philadelpia

Kementrian Kelautan dan Perikanan. 2018. Produktivitas Perikanan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Kurniawan, Asmarita, Okto S. 2019. Identifikasi Jenis Ikan (Penamaan Lokal, Nasional Dan Ilmiah) Hasil Tangkapan Utama (HTU) Nelayan dan Klasifikasi Alat Penangkap Ikan di Pulau Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Sumberdaya Perairan 13(1): 42-51.

Leba ALR, NA Ndaong, Maria AG. 2019. Uji potensi ekstrak etanol daun nimba (Azadiractha indica) sebagai bahan pengawet pada ikan tongkol (Auxis thazard). Jurnal Veteriner Nusantara 2(1): 41-45.

Muttaqin MZ, Nurlita A. 2013. Prevalensi dan Derajat Infeksi Anisakis sp. pada Saluran Pencernaan Kakap Merah (Lutjanus malabaricus) di TPI Brondong. JURNAL SAINS DAN SENI POMITS 2(1): 2337-3520.

Nisa AF. 2018. Kualitas Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) Dengan Pengawet Alami Ekstrak Daun ciplukan dan Variasi Lama Perendaman [Skripsi]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pujiastuti N, N Setiati. 2015. Identifikasi Dan Prevalensi Ektoparasit Pada Ikan Konsumsi Di Balai Benih Ikan Siwarak. Unnes Journal of Life Science 4(1): 9-15.

Purbani D, Abdullah, Yulius, Eva M, Hadiwijaya, Aida H. 2016. Pengembangan Industri Perikanan Tangkap Di Periran Barat Sumatera Berbasis Ekonomi Biru. Jurnal Manusia dan lingkungan 23(2): 233-240.

Saputra AR. 2011. Deteksi Morfologi dan Molekuler Parasit Anisakis Spp Pada Ikan Tongkol (Auxis thazard) [Skripsi]. Makasar. Universitas Hasanuddin.

Stasiun Karantina Ikan Pengendali Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Pangkalpinang. 2019. Sampling Ikan (IKM/8.9.5/SKIPM-PKP), Pembuatan preparat sediaan ulas dari tubuh dan insang (IKM/5.4.4/IKM-PKP), Pengamatan Parasit (IKM/8.9.4/IKM-PKP) dan Identifikasi Parasit (IKM/5.4.4/IKM-PKP). Pangkalpinang. Laboratorium Penguji Parasit (LP-683-IDN): Stasiun KIPM Pangkalpinang.

Taufik S, Mulyana, Mumpuni FS. 2014. Inventarisasi Parasit Pada Ikan Tongkol (Auxiz thazard) di Perairan Teluk Muara Baru, Jakarta. Jurnal Pertanian 5(2): 73-77.

Williams EH, Bunkley W. 1996. Parasites Offshore Big Game Fishes of Puerto Rico and the Western Atlantic. Department of Natural Environmental Risourses and University of Puerto Rico. Rio piedras.




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v5i1.4754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia