Efektivitas ekstrak rumput laut Padina Sp. untuk meningkatkan pertumbuhan Chlorella Vulgaris

Teuku Mohammad Aufa Al Ramadhan, Maya Angraini F Utami, Nurlaila Ervina

Abstract


Chlorella vulgaris mengandung senyawa bioaktif alami seperti karotenoid, fenol, sulfat polisakarida dan vitamin sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sebagai pakan ikan, suplemen makanan dan biodiesel. Rumput laut berpotensi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi fitoplankton karena kaya akan unsur yang diperlukan dalam pertumbuhan fitoplankton. Tujuan penelitian ini untuk menentukan pertumbuhan Chlorella vulgaris pada berbagai konsentrasi ekstrak rumput laut Padina sp., mendapatkan dan menganalisis konsentrasi terbaik dari ekstrak rumput laut Padina sp. yang menghasilkan kepadatan tertinggi Chlorella vulgaris. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 3 perlakuan konsentrasi ekstrak Padina sp. 100 mg/L (P1), 200 mg/L (P2), dan 300mg/L (P3). Tiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Analisis data pertumbuhan dilakukan dengan uji anova dan terdapat data yang beda nyata maka dilanjutkan dengan uji DMRT. Pertumbuhan Chlorella vulgaris pada perlakuan P1 menunjukkan ada 3 fase yang teramati yaitu adaptasi, eksponensial, dan kematian. Untuk perlakuan P2 dan P3 ada 2 fase, yaitu eksponensial dan kematian. Berdasarkan hasil uji ANOVA satu arah didapatkan hasil ada perbedaan kepadatan sel Chlorella vulgaris yang dikultur dengan berbagai konsentrasi ekstrak Padina sp. sehingga akan dilanjutkan uji DMRT. Berdasarkan uji DMRT, semakin tinggi konsentrasi ekstrak Padina sp., maka kepadatan sel Chlorella vulgaris yang dihasilkan juga semakin tinggi. Untuk efisiensi, maka perlakuan P2 dipilih sebagai perlakuan terbaik karena tidak berbeda nyata dengan P3. Kualitas air selama penelitian telah sesuai untuk pertumbuhan Chlorella vulgaris.

Kata Kunci : Chlorella vulgaris,  Pertumbuhan, Padina sp, Konsentrasi


References


Amini, Sri., dan Syamdidi. 2006. Konsentrasi Unsur Hara Pada Media Pertumbuhan Chlorella vulgaris Dengan Pupuk Anorganik Teknis Dan Analisis, Jurnal Perikanan. 8 (2) : 201-206.

Basmal, J. 2009. Prospek Pemanfaatan Rumput Laut Sebagai Bahan Pupuk Organik. Jurnal Squalen. 4 (1) : 1-8.

Chalid, S.Y., S. Amini., S.D Lestari. 2010. Kultivasi Chlorella Sp. Pada Media Tumbuh Yang Di Perkaya Dengan Pupuk Anorganik Dan Soil Extract. Jurnal Kimia Valensi.

Husni, A., Deffy.R, Iwan .Y ,Bambang. L. Aktivitas Antioksidan Padina sp. Pada Berbagai Suhu Dan Lama Pengeringan. Jurnal Pascapanen Bioteknologi Kelautan dan Perikanan 9 (2) : 165-173.

Iriani, D., Bustari. H, Sumarto. 2017. Pengaruh Konsentrasi Ion Fe3+ Yang Berbeda Terhadap Kandungan Klorofil A Dan B, Karotenoid Dan Antioksidan Dari Chlorella Sp. Balai Perikanan Terubuk 45(1) : 48-58.

Kawaroe, M., T. Partono, A. Sunuddin, D.W. Sari, D. Augustine. 2010. Fitoplankton Potensi Dan Pemanfaatannya Untuk Produksi Bio Bahan Bakar. Bogor: Ipb Press.

Lesmana., P.A., N. Diniarti, dan B.D.H. Setyono. 2019. Pengaruh Penggunaan Limbah Air Budidaya Ikan Lele Sebagai Media Pertumbuhan Spirulina sp.. Jurnal Perikanan 9(1) : 50-65.

Novianti, Teni., Zainuri.M., Ita W,.2017. Studi Tentang Pertumbuhan Fitoplankton Chlorella vulgaris. Yang Dikultivasi Berdasarkan Sumber Cahaya Yang Berbeda. Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1 (2) : 1-8.

Podungge, A., L.J. Damongilala, H.W. Mewengkang. Kandungan Antioksidan Pada Rumput Laut Eucheuma spinosum Yang Diekstrak Dengan Metanol Dan Etanol. Jurnal Media Teknologi Hasil Perikanan 6 (1) : 1-5.

Prabowo. D.A. 2009. Optimasi Pengembangan Media Untuk Pertumbuhan Chlorella Sp Pada Skala Laboratorium. Skripsi. Program Studi Ilmu Dan Teknik Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Prayitno, J. 2016. Pola Pertumbuhan dan Permane Biomassa Dalam Fotobioreaktor Mikroalga Untuk Penangkapan Karbon. Jurnal Teknologi Lingkungan 17 (1) : 45-52.

Selvika, Z. 2016. Pertumbuhan Chlorella sp. Pada Beberapa Konsentrasi Limbah Batu Bara. Skripsi. Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Utami, P.N., Yuniarti. M.S, dan Kiki. H. 2012. Pertumbuhan Chlorella sp. Yang Dikultur Pada Perioditas Cahaya Yang Berbeda. Jurnal Perikanan dan Kelautan 3 (3) : 237-244.

Wahyuni, N., E.D. Masithah, W. Soemarjati, Suciyono, dan M.F. Ulkhaq. 2018. Pola Pertumbuhan Mikroalga Spirulina sp. Skala Laboratorium yang Dikultur Menggunakan Wadah yang Berbeda. Majalah Ilmiah Bahari Jogja 16 (2) : 89-97.

Winarno, F.G. 1990. Teknologi Pengolahan Rumput Laut. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta : 101.




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v5i2.5484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia