Identifikasi parasit pada ikan kuwe Caranx sp di keramba jaring apung Manalu Kecamatan Tabukan Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe

Usy Nora Manurung, Aprelia Martina Tomasoa, Wijanarko Wijanarko, Serli Mauru, Olivia Fransiska Silangen

Abstract


Ikan kuwe Caranx sp merupakan jenis ikan air laut yang dibudidayakan di Keramba Jaring Apung (KJA) Kampung Manalu Kecamatan Tabukan Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pemanfaatan lahan budidaya perairan laut dengan menggunakan keramba jaring apung dilakukan pembudidaya jika sedang tidak melaut dikarenakan sedang musim angin barat maupun rusaknya alat tangkap. Permasalahan dalam budidaya ikan yaitu terjadinya serangan penyakit yang mengakibatkan kematian pada ikan budidaya yang menyebabkan menurunya produksi. Tujuan Penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis parasit pada ikan kuwe Caranx sp yang dibudidayakan dan kemudian dilakukan pencegahan dan penanggulangan yang tepat terhadap serangan spesies dari jenis parasit tersebut. Sampel ikan diambil dari KJA menggunakan jaring sebanyak 25 ekor dengan ukuran 10-12 cm, ikan dipacking  dan dibawa ke laboratorium Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (SKIPM) Tahuna untuk diperiksa. Metode pemeriksaan parasit meliputi bagian kulit, insang dan usus yang dilakukan menggunakan metode scrapping, hasil identifikasi parasit dicocokan dengan buku identifikasi (Kabata, 1985) untuk melihat morfologi dan anatomi parasit sebagai dasar untuk klasifikasinya. Hasil identifikasi pada ikan kuwe ditemukan enam jenis parasit pada sampel ikan kuwe yaitu ektoparasit terdapat spesies Ergasilus sp, Allopyragraphorus sp, Chilodonella sp, Dactylogyrus sp. dan parasit Crepidostomum sp, sedangkan endoparasit hanya terdapat satu jenis parasit yaitu Proteocephalus microcephalus.

 

Kata kunci: Marikultur, Penyakit Ikan, Ektoparasit, Endoparasit


References


Affan, J. M. 2012. Identifikasi lokasi untuk pengembangan budidaya keramba jaring apung (KJA) berdasarkan faktor lingkungan dan kualitas air diperairan pantai timur Bangkah Tengah. J. Budidaya Perairan, 1(1):78-85.

Afrianto, E., Liviawaty, E., Jamaris Z., Hendi. 2015. Penyakit Ikan. Penebar Swadaya, Cibubur, Jakarta Timur. 220hal.

Annur, A., Febri, S.P, Syahril, M. 2021. Identifikasi dan Prevalensi Ektoparasit Ikan Kerapu Lumpur (Epinephelus coioides) Pada Keramba Jaring Apung di Kuala Langsa. J. Pengelolaan Perikanan Tropis,5(1):37-43.

Darmawan, B. D dan Rohaendi O. E. 2014. Zoonosis : Infeksi penyakit ikan terhadap manusia akibat kesalahan manajemen dan penanganan ikan maupun produk olahannya. J. of Aquatripica Asia, 1 (1):1-9

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Penerbit Kanisius Yogyakarta. 275hal.

Grabda, J. 1991. Marine Fish Parasitology. An Outline, Polish Scientific Publication, Warszawa. 306p.

Kabata, Z. 1985. Parasites and Diseases of Fish Cultured in The Tropics. London and Philadelphia: Taylor and Prancis. 318p.

Kismiyati, dan G. Mahasri. 2014. Buku Ajar Parasit dan Penyakit Ikan 1 Ilmu Penyakit Arthropoda Pada Ikan. FPIK UNAIR. Surabaya. 52hal.

Kordi, M. G. H. 2004. Penanggulangan Hama dan Penyakit Ikan. Rineka Cipta. Jakarta 194hal.

Manurung, U. N & Gaghenggang, F. 2016. Identifikasi dan Prevalensi Ektoparasit pada ikan nila (Oreochromis niloticus) di Kolam Budidaya Kampung Hiung, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe. J. Budidaya Perairan, 4(2):26-30.

Manurung, U. N & Susantie, D. 2019. Potensi Budidaya Ikan di Beberapa Perairan Pulau Lipang yang dikaji dari Parameter Kulitas Air. J. Ilmiah Tindalung, 5(2):77-83.

Noble, E.R and G.A. Noble. 1989. Parsitilogi Biologi Parasit Hewan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. 1101hal

Nofasari N., Raza’I , T. S, Wulandari, R. 2019. Identifikasi dan Prevalensi Ektoparasit pada ikan Air Tawar dan Laut dilokasi Budiadaya Perikanan Bintan Kepulauan Riau. J. Intek Akuakultur, 3(1): 92-104.

Noga, E. J. 2010. Fish Disease Diagnosis and Treatment. 2nd Edition. Wiley Blackwell. USA. 538p.

Riko, Y. A., Rosidah dan Titin H. 2012. Intensitas dan Prevalensi Ektoparasit pada Ikan Bandeng (Chanos chanos) dalam Keramba Jaring Apung (KJA) di Waduk Cirata Kabupaten Cianjur Jawa Barat. J. Perikanan dan Kelautan, 3(4):231-241.

Wahyuni, S., Hendri A., Erlita. 2017. Identifikasi Parasit pada Ikan Air Tawar di Balai Benih Ikan Babah Krueng Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya. J. Akuakultura, 1(1):29-36.

WHO (World Health Organization). 2004. Waterborne Zoonoses: Identification, Causes and Control. World Health Organization, Geneva

Wiyatno, F. H., Subekti, S., & Kusdarwati, R. (2012). Identifikasi Dan Prevalensi Ektoparasit Pada Ikan Kerapu Tikus (Cromileptes altivelis) di Karamba Jaring Apung Unit Pengelola Budidaya Laut Situbondo. J. Ilmu Perikanan Dan Kelautan, 4(1):103–108.

Zafran, Roza, D. Mahardika, K. 2019. Prevalensi Ektoparasit Pada Ikan Budidaya di Keramba Jaring Apung di Teluk Kaping, Buleleng, Bali. J. of Fisheries and Marine Research, 3(1):32 – 40.




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v6i1.6346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia