Artikel review, pengembangan produk wadi

Junianto Junianto, Fathan Fauzan, Aulia Putri Kapsari Hafel, Fajrin Audy Husnandina, Aldi Hakim, Sithra Almunadiya, Weni Eka Agustiani, Nadariani Nadariani, Rida Nurhaliza, Muhamad Luthfi Az Zakiy

Abstract


Wadi adalah produk tradisional hasil perikanan yang ada di Indonesia.  Pengembangan terhadap produk tradisional harus terus dilakukan agar produk tetap di kenal oleh masyarakat Indonesia.  Tujuan artikel ini adalah mereview pengembangan produk wadi yang  telah dilakukan baik dalam skala riset atau komersial yang telah dilakukan oleh masyarakat pada bahan baku, proses, produk sampai pada kegiatan pemasarannya.  Metode yang digunakan adalah studi literature review, yaitu suatu studi yang menganalisis data-data yang ada dalam literatur-literatur yang dipilih dari beberapa sumber sehingga menjadi kesimpulan dan menjadi ide baru. Jurnal yang digunakan dalam studi ini adalah jurnal-jurnal yang membahas mengenai topik dengan kata kunci yaitu : wadi.  Penelusuran artikel dalam jurnal digunakan sciencedirect kuantitatif google scholar. Berdasarkan hasil  telaahan diatas dapat disimpulkan bahwa produk tradisional fermentasi ikan yaitu wadi telah banyak mengalami pengembangan atau diviersifikasi produk mulai dari bahan baku yang digunakan, proses yang dilakukan, pengemasan dan pemasaran produk.  Pengembangan pada bahan baku yaitu penggunaan berbagai jenis ikan air tawar yang digunakan.  Pengembangan proses yang dilakukan adalah pengontrolan proses dengan menggunakan bahan tambahan lain seperti gula aren dan jeruk nipis.  Pengembangan kemasan yang dilakukan adalah penggunaan plastik.  Pengembangan pemasarannya adalah pemasaran sudah dilakukan secara on-line berbasis media sosial.

Kata kunci :  Bahan baku, kemasan, online, proses.


References


Aeni, Y.N. 2020. Proyeksi penyerapan tenaga kerja perikanan berdasarkan faktor industrialisasi menggunakan metode fungsi transfer. Jurnal Aplikasi Statistik, 5(1): 23- 36.

Anugrah, A.N, dan A. Alfarizi. 2021. Literatur review potensi dan pengelolaan sumberdaya perikanan laut di Indonesia. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 3(2): 31-36.

Bakrie, R.Y. 2020. Pengaruh pencucian daging ikan patin (pangisius hypophthalmus) setelah penggaraman terhadap jumlah mikroba dan citarasa wadi patin. Jurnal Ilmu Hewani Tropika, 9(2): 94-98.

Damongilala, L.J. 2021. Kandungan Gizi Pangan Ikani. Patra Media Grafindo. Bandung. 60p.

Dewi, P.R, Darmayanti, L.P.T, dan K.A. Nocianitri. 2022. Pengaruh jenis kemasan terhadap karakteristik cookies ampas tahu selama penyimpanan. Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan, 11(2): 261-271.

Hermawan, Y.E. 2019. Kajian pengaruh penambahan konsentrasi gula aren cair dan garam terhadap karakteristik rusip ikan rucah. Skripsi. Universitas Lampung, Bandar Lampung. 81p.

Khairina, R. dan I.K. Khotimah. 2006. Studies Of amino acid component and microflora in climbing perch wadi. Jurnal Teknologi Pertanian, 7(2): 120-126.

Kunsah, B. 2016. Efektifitasi variasi perasan jeruk nipis (Citrus aurantifolia) terhadap pertumbuhan Candida albicans secara in vitro. Laporan Penelitian. Universitas Muhammadiyah. Surabaya. 58p.

Mirza, A.C., Anggraini, R.A.R., dan I.R. Soetijono. 2017. Implementasi pengelolaan sumber daya laut nasional terhadap kebijakan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Lentera Hukum, 4 (2) :79-94.

Nursafira, J., Munandar, A. dan D Surilayani. 2021. Pengaruh bahan kemasan berbeda terhadap mutu bandeng presto dengan pengemasan vakum pada suhu dingin. Media Teknologi Hasil Perikanan, 9(2): 59-68.

Petrus, Evnaweri, dan T.W. Sulistyaningrum. 2019. Pengolahan Produk Inovasi Bernilai Tambah dari Kearifan Lokal Berupa Wadi Ikan Patin (Pangasius sp.) dengan Penambahan Wijen pada POKLAHSAR Tampung Parei Kota Palangka Raya. Laporan Program Kemitraan Wilayah. Universitas Palangka Raya.

Purnaningsih, N., Aldina, V.D.R.R, dan A.P. Insani. 2020. Kampanye publik tentang manfaat mengonsumsi ikan pada ibu-ibu PKK Kelurahan Ulak Karang Utara, Kota Padang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(khusus): 135-139.

Ranti. 2018. Analisis perpindahan massa pada proses osmosis pengeringan buah sirsak (annona muricarata). Skripsi. Universitas Sriwijaya, Palembang. 82p.

Restu. 2018. Pengolahan wadi ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum). Jurnal Ilmu Hewani Tropika, 7(2): 70-73.

Restu. 2017. Pengaruh kombinasi gula aren dan samu dalam proses fermentasi daging ikan mas (Cyprinus carpio). Jurnal Ilmu Hewani Tropika. 6 (2) : 78 -81.

Restu. 2013. Pengaruh pencucian daging ikan toman (Channa micropeltes) setelah penggaraman terhadap citarasa wadi. Jurnal Ilmu Hewani Tropika. 2(1): 31 – 34.

Rinto. 2018. Manfaat Fungsional Produk Fermentasi Hasil Perikanan Indonesia. Universitas Sriwijaya Press. Indralaya, Palembang. 56p

Riskyani, R. 2012. Pengaruh konsentrasi penambahan ekstrak jeruk nipis (citrus aurantifolia) terhadap kualitas wadi ikan betok (Anabas testudineus Bloch). Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang. 121p.

Saptana, Sejati, W.K., dan I.W. Rusastra. 2014. Kemandirian pangan berbasis pengembangan masyarakat: Pelajaran dari program pidra, SPFS, dan Desa Mapan Di Nusa Tenggara Timur dan Jawa Barat. Analisis Kebijakan Pertanian, 12(2):119- 141.

Setiyorini, E.S., Noorachmat, B.P. dan M. Syamsun. 2018. Strategi pemasaran produk olahan hasil perikanan pada UMKM Cindy Group. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1): 19-28.

Soemarie, Y.B., Milanda, T., Barliana, M.I., Susanto, D., Erlianti, K., dan M Fauzi. 2022. Pelatihan online pembuatan makanan fermentasi wadi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1): 227-231.

Waty, K., Purwijantiningsih, E. dan S. Pranata. 2019. Kualitas fermentasi spontan wadi ikan patin (Pangasius Sp.) dengan variasi konsentrasi garam. Jurnal biota, 4(1), 24-32.

Yuniarti, T., Putri, J.A., Dewi, I.J.P., dan A. Leilani. 2020. Adopsi inovasi diversifikasi olahan perikanan pada kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) di Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka. Jurnal Penyuluhan, 16(2): 289-302.

https://kliksamarinda.com/wadi-fermentasi-ikan-ala-dayak-dan-banjar, diakses tanggal 10 Januari 2024. bukalapak.com. Diakses tanggal 5 Nopember 2023




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v6i2.7341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia