PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMILIH PEMULA MENGENAI PEMILIHAN UMUM DI KALANGAN MAHASISWA

Nam Rumkel, Hendra Karianga, Andika Adhyaksa

Sari


Melansir data dari salah satu media online Malutsatu.com bahwa menjelang pesta demokrasi yang dituangkan dalam pemilu serentak di tahun 2024, jumlah pemilih yang terdaftar berdasarkan pleno rekapitulasi pemutakhiran data yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara meningkat secara signifikan. Berdasarkan rekapitulasi tersebut, penambahan jumlah pemilih pemula juga mengalami peningkatan di Maluku Utara dengan jumlah mencapai 42.146 orang pemilih. Mengingat bahwa salah satu unsur yang memberikan pengaruh terhadap  penyelenggaraan pemilihan umum saat ini adalah partisipasi politik dari pemilih pemula terhadap pemilihan umum yang juga dijadikan sebagai ajang pendidikan politik yang penting sehingga perlu pendalaman dan perluasan pengetahuan terkait konsep dasar pemilihan umum  kepada kalangan mahasiswa/i yang tergolong pemilih pemula dalam keterlibatannya di pesta demokrasi Indonesia. Solusi yang ingin ditawarkan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah suatu bentuk sosialisasi hukum untuk memberikan pengetahuan yang lebih spesifik dan menganalisa kemampuan berfikir yang logis dalam keterlibatan pemilih pemula pada penyelenggaraan pemilihan umum. Adapun luaran wajib yang hendak dicapai dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah terlaksananya kegiatan penyuluhan hukum di kalangan mahasiswa/i Universitas Khairun dan hasil dari kegiatan ini dapat terpublikasi melalui pemberitaan media (cetak/elektronik).

Kata Kunci


Pemilu, Pemilih Pemula, Mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF 48-57

Referensi


Evi Purnawati. 2020. Perjalanan Demokrasi di Indonesia. Jurnal Solusi. Volume 18 Nomor 2.

Hasbi Umar. 2008. Paradigma Baru Demokrasi di Indonesia : Pendekatan Terhadap Pemilu DPR/DPRD. Jurnal Innovation. Volume 7 Nomor 14 Edisi Juli-September.

Jimly Asshidiqie. 2006. Konstitusi &Konstitusionalisme Indonesia. Jakarta : Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi R.I.

Randy Helnal Dinata. 2016. Partsipasi Pemilih Pemula Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2015. JOM Fisip. Volume 3 Nomor 2.

T. May Rudy. 2007. Pengantar Ilmu Politik (Wawasan Pemikiran dan Kegunaannya). Bandung : PT. Refika Aditama

https://www.malutsatu.com/2022/10/pemilih-pemula-di-maluku-utara-capai-42-146-orang/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


KHAIRUN JOURNAL OF ADVOCACY AND LEGAL SERVICES

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU HUKUM PASCASARJANA UNIVERSITAS KHAIRUN

Gedung Pascasarjana Universitas Khairun, Jalan Jusuf Abdurrahman Kampus II Gambesi, Ternate Selatan, Maluku Utara, Indonesia.

KJALS : Khairun Journal of Advocacy And Legal Services under a Creative Commons Attribution 4.0 International License