PENYULUHAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MELALUI LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA KECAMATAN LINGSAR LOMBOK BARAT

Nizia Kusuma Wardani, Putri Raodah, Septira Putri Mulyana

Sari


Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan perlindungan konsumen melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa, memberikan perlindungan hukum  masyarakat yang terdapat di Desa Duman Kec. Lingsar Lombok Barat dalam kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen yang dirugikan, baik oleh pelaku usaha maupun UMKM.  Permasalahan yang terjadi dalam masyarakat membutuhkan penyelesaian yang cepat dan tepat agar tidak terjadi konflik dan polemik yang berkepanjangan yang dapat mengganggu keamanan, ketertiban, kerukunan dan keharmonisan kehidupan bermasyarakat. Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai lembaga alternatif penyelesaian sengketa  yang terdapat di masyarakat menjadikan masyarakat pada Desa Duman ketika terjadi kasus terhadap konsumen yang dirugikan tidak mengetahui harus bagaimanan dan kemana untuk melakukan pengaduan dan pelaporan. Sosialisasi diselenggarakan dengan metode sosialisasi langsung yaitu dilakukan dengan cara bertatap muka secara langsung antara tim pengabdian dengan peserta. Hasil pengabdian di Desa Duman Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat adalah adanya pemahaman tentang penyelesaian sengketa perlindungan konsumen melalui lemabaga alternatif penyelesaian sengketa.

Kata Kunci


Masyarakat; Perlindungan Konsumen; Alternatif Penyelesaian Sengketa

Teks Lengkap:

PDF 9-26

Referensi


BUKU

Aris Prio Agus Santoso, et.al, Hukum Perlindungan Konsumen:(Suatu Pendekatan Praktis dan Aplikatif),Yogyakarta: Pustakabarupress, 2022

Candra Irawan, Aspek Hukum dan Mekanisme Penyelesaian Sengketa di Luar Pengadilan (Alternetive Dispute Resolution) di Indonesia, Bandung, Mandar Maju, 2010

Endrik Safudin, Alternatif Penyelesaian Sengketa dan Arbitrase, Malang, Intras Publishing, 2018

Hulman Panjaitan, Hukum Perlindungan Konsumen (Reposisi dan Penguatan Kelembagaan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Dalam Perlindungan dan Menjamin Keseimbangan Dengan Pelaku Usaha), Jakarta, Jala Permata Aksara, 2021

Kurniawan, Hukum Perlindungan Konsumen, Mataram, Pustaka Bangsa, 2016 Rosmawati, Pokok-Pokok Hukum Perlindungan Konsumen,Jakarta, Prenada Media, 2018

JURNAL

Ahmad Zuhairi, et.al, Perlindungan Konsumen, Jurnal Kompilasi Hukum, Vol. 1, No.2, April, 2022.

PERATURAN PERUNDANG-UNDAGAN

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Peneyelesaian Sengketa


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


KHAIRUN JOURNAL OF ADVOCACY AND LEGAL SERVICES

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU HUKUM PASCASARJANA UNIVERSITAS KHAIRUN

Gedung Pascasarjana Universitas Khairun, Jalan Jusuf Abdurrahman Kampus II Gambesi, Ternate Selatan, Maluku Utara, Indonesia.

KJALS : Khairun Journal of Advocacy And Legal Services under a Creative Commons Attribution 4.0 International License