PROFIL KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT KEPULAUAN DI PULAU MOTI

FERA THE

Sari


ABSTRAK

Masyarakat yang hidup di pulau-pulau kecil cenderung memiliki tingkat kesehatan yang rendah disebabkan antara lain karena kurangnya ketersediaan air bersih dan berkualitas, minimnya ketersediaan makanan yang bergizi dan terbatasnya pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kualitas kesehatan masyarakat di Pulau Moti. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data primer, yaitu dengan pengamatan secara langsung dan melalui angket yang berisi pertanyaan serta data sekunder, yaitu data dari sarana kesehatan. Pada penelitian ini telah terkumpul data sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kesehatan masyarakat di Pulau Moti masih kurang baik. Hal ini dilihat dari beberapa faktor, yaitu belum tersedianya jamban pribadi di setiap rumah, belum adanya tempat pembuangan sampah akhir dan tempat sampah tertutup di setiap rumah, kebiasaan membakar sampah, kebiasaan merokok, tidak rutin konsumsi buah dan sayur, tidak rutin berolahraga, serta kurangnya kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta masih banyak keluarga yang belum memiliki BPJS.

 

Kata kunci:  Kesehatan, Masyarakat, Pulau Moti


 


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Andria, K.M. 2013. Hubungan Antara Perilaku Olahraga, Stress dan Pola Makan dengan Tingkat Hipertensi pada Lanjut Usia di Posyandu Lansia Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Jurnal Promkes, Vol. 1, No. 2 Desember 2013: 111 – 117.

Anonim, 2012. Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional. Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Anwar, A., M Sultan. 2016. Derajat Kesehatan Masyarakat Kepulauan di Kecamatan Kepualauan Derawan Kabupaten Berau. Higiene Volume 2, No. 1, Januari-April 2016.

Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara. 2014. Profil Kesehatan Provinsi Maluku Utara Tahun 2014. Dinkes Provinsi Malut, Ternate.

Horhoruw A. dan Widagdo L. 2014. Perilaku Kepala Keluarga dalam Menggunakan Jamban di Desa Tawiri Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 9 No. 2 hal. 226 – 237.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI, Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/kmj.v1i2.1703

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Fakultas Kedokteran, Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.