EVALUASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI RUMAH SAKIT TNI/POLRI

dian Ekawaty, sriyani windarti windarti

Sari


Sampai saat ini pencegahan infeksi nosokomial merupakan masalah yang harus ditangani oleh semua fasilitas kesehatan. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengurangi risiko infeksi di antara pasien, staf, profesional kesehatan, pekerja kontrak, sukarelawan, pelajar, dan pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi pencegahan dan pengendalian infeksi dengan model CIPP di rumah sakit TNI/Polri. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah delapan orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling berdasarkan struktur organisasi Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit TNI/Polri. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan pedoman observasi berdasarkan lembar survei STARKES. Hasil penelitian pelaksanaan program PPI di Rumah Sakit TNI/Polri dalam evaluasi konteks  menunjukkan bahwa seluruh anggota PPI di kedua rumah sakit memahami tujuan program PPI. Evaluasi Input meliputi Sumber Daya Manusia: Sebagian anggota PPI rumah sakit TNI belum pernah mendapatkan pelatihan PPI dan seluruh anggota rumah sakit Polri telah mendapatkan pelatihan PPI, Sarana dan Prasarana: sudah memadai untuk program PPI, Anggaran : Sebagian informan di rumah sakit TNI masih belum mengetahui adanya anggaran dan seluruh informan di rumah sakit Polri sudah mengetahui, Kebijakan PPI : Sebagian informan di rumah sakit TNI belum mengetahui kebijakan PPI dan seluruh informan di rumah sakit Polri sudah mengetahui. Evaluasi proses yaitu pelaksanaan program PPI : terlaksana dengan baik, monitoring program PPI : terlaksana dengan baik, hambatan program: masih terdapat hambatan dalam program PPI. Evaluasi Produk diukur berdasarkan capaian pada lembar survei STARKES dan menunjukkan bahwa program dilaksanakan dengan baik. Kesimpulannya, program PPI di Rumah Sakit TNI/Polri berjalan dengan baik. Diharapkan adanya transparansi serta sosialisasi anggaran dan kebijakan sehingga semua anggota menyadari hal ini.


Kata Kunci


Model CIPP, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, Rumah Sakit, STARKES

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilia, F., S. Samsir, and A. Pramadewi. 2016. Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau 4(1): 87–100.

Caesarino, Radya Irshadi, Hendro Wahjono, and Endang Sri Lestari. 2019. Tingkat Kepatuhan Perawat Rumah Sakit X Di Semarang Terhadap Pelaksanaan Cuci Tangan. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro) 8(2): 852–59. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/view/23834.

Diantoro, M, and A Rizal. 2021. Tradisional Literature Review : Kepatuhan Mencuci Tangan Perawat Dengan Kejadian Infeksi Nosokomial. Jurnal Keperawatan Terapan 2(3): 1837–44.

Fatma Maulida Abiya, Maria Ulfa, Winny Setyonugroho. Infection Control Risk Assessment (ICRA) Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Gamping.

Heriyati, Hatisah, Ayu Astuti. 2020. Hubungan Pengetahuan Dengan Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Nosokomial Di Rumah Sakit. 9(1): 87–92.

Madjid, Tetyana et al. 2017. Analysis of Infection Prevention and Control Program’s Implementation in Inpatient Ward at Tebet Hospital. Jurnal Administrasi Rumah Sakit 4: 57–68.

Putra, Aldi Nadin Pratama. 2021. Evaluasi Program Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi (PPI) Menggunakan Model CIPP Di Rumah Sakit X Kabupaten Malang.

Putra, Aldy Nadin Pratama, Ike Dian Wahyuni, and Irfany Rupiwardani. 2022. Program Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi (PPI) Di Rumah Sakit X Kabupaten Malang. 2: 135–44.

Ramayanti, Ramayanti, Rima Semiarty, and Yuniar Lestari. 2019. Analisis Pelaksanaan Program Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Nosokomial Di RSUD Pasaman Barat (Standar Akreditasi Versi 2012). Jurnal Kesehatan Andalas 8(3): 617.

Rizqi, Baihaqi. 2022. Proses Msdm Di Rumah Sakit Adi Husada. (June). https://www.researchgate.net/publication/361590766.

Samad, Ardani Mohammad. 2022. Metodologi Penelitian. Instituk Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. 2016




DOI: https://doi.org/10.33387/kmj.v5i2.6589

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Fakultas Kedokteran, Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.