ANALISIS STRATEGI PEMASARAN RUMPUT LAUT GRACILARIA SP DI KABUPATEN BONE (STUDI KASUS DI KECAMATAN SIBULUE)
Sari
ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran rumput laut Gracilaria sp, dan strategi pemasaran rumput laut Gracilaria sp di kabupaten Bone. Rumput laut ini menjadi salah satu komoditas utama Kabupaten Bone dari sektor perikanan. Kendala utama yang dihadapi pembudidaya rumput laut adalah pemasaran dan kestabilan harga. Penelitian ini penting sebagai bahan informasi bagi pembudidaya, pengusaha dan pemerintah dalam menggeluti usaha ini. Penelitian dilaksanakan dari bulan Pebruari sampai bulan April 2017, di kecamatan Sibulue, kabupaten Bone. Populasi penelitian adalah semua pembudidaya Gracilaria sp sebanyak 567 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan monogram Harry King dengan jumlah sampel terpilih 90 orang. Untuk mengetahui pembudidaya yang menjadi sampel digunakan teknik sampling acak sederhana. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, kuisener, dan diskusi kelompok terfokus. Analisa data dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan baruan pemasaran rumput laut Gracilaria sp di kabupaten Bone tidak menguntungkan pembudidaya, keuntungan terbesar diperoleh para pedagang. Strategi pemasaran Gracilaria sp yaitu : melakukan kemitraan langsung dengan industri pengolahan dan eksportir, menata distribusi pemasaran yang menguntungkan semua pelaku pasar, meningkatlan kualitas produk sesuai standar pasar, melakukan promosi produk Gracilaria sp, fokus dengan pasar yang sudah ada, serta memperluas jaringan passar baru, membentuk kelompok untuk meningkatkan posisi tawar dalam memasarkan produk Gracilaria sp, dan lebih proaktif mencari informasi pasar.
Kata kunci : Strategi, pemasaran, rumput laut, gracilaria
Teks Lengkap:
122-137Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.