Kinerja Pertumbuhan dan Analisis Ekonomi pada Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan Pemberian Pakan Fermentasi Ampas Tahu

M. Fajar, Sinar Pagi Sektiana, Moch. Nurhudah, Sumiarsih Sumiarsih, Umidayati Umidayati, Shinta Septiana

Sari


Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu komoditas perikananyang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Namun seiring dengan naiknya harga pakan ikan nila, perlu adanya pakan alternatif yang dapat menekan biaya produksi. Penelitian ini menggunakan ampas tahu yang telah difermentasi dengan menggunakan Saccharomyces, Lactobacillus dan Rhizopus sebagai pakan alternatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji aspek teknik, manajemen, dan finansial serta mengidentifikasi masalah pembesaran ikan nila merah (O. niloticus) menggunakan pakan yang berbeda. Metode yang digunakan adalah metode observasi dengan mengikuti seluruh kegiatan di lokasi praktik dan juga menggunakan metode deskriptif komparatif untuk membandingkan pemberian pakan yang berbeda pada ikan nila merah (O. niloticus). Jumlah percobaan pemberian pakan adalah 3 kolam yang masing-masing diberi pakan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pertumbuhan harian ikan dengan pemberian pakan pellet ialah 1,6 gram/hari sedangkan untuk pemberian pakan fermentasi ampas tahu dengan Saccharomyces dan Lactobacillus ialah 0,2 gram/hari dan untuk pemberian pakan fermentasi ampas tahu dengan Rhizopus ialah 0,2 gram/hari. Untuk nilai FCR memiliki perbedaan yang signifikan dengan pertumbuhan harian ikan untuk pakan pellet yaitu 0,43 sedangkan untuk pakan fermentasi ampas tahu dengan Saccharomyces dan  Lactobacills  adalah 1,1 dan untuk pakan fermentasi ampas tahu dengan Rhizopus mencapai 1,31. Analisis finansial untuk 3 kolam pemeliharaan menunjukan adannya kerugian yang lebih tinggi dengan pemberian pakan fermentasi ampas tahu dengan Rhizopus yang memperoleh kerugian sebesar Rp 3.002.200 dengan R/C ratio 0,26. sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pemberian pakan fermentasi ampas tahu dikategorikan belum efisien. Sehingga perlu pengkajian lebih lanjut terhadap pemanfaatan ampas tahu yang difermentasi sebagai pakan tambahan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, R., Amrullah, & Suriati. (2018). Manajemen Pemberian Pakan Pada Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Prosiding Seminar Nasional, 1(April), 9–10.

Ardita, N. 2015. Pertumbuhan Dan Rasio Konversi Pakan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan Penambahan Probiotik. Bioteknologi, 12, 16-21. doi:10.13057/biotek/c120103

Effendie, M.I. 2002. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara, Yogyakarta, 112 hlm

El-Sayed, A.-F. M. (2020). Chapter 13 -Technological innovations. In A.-F. M. El-Sayed (Ed.), Tilapia Culture (Second Edition)(pp. 297-328): Academic Press.

Harris, E. 2006. Akuakultur berbasis “Trophic Level”: Revitalisasi untuk ketahanan pangan, daya saing ekspor dan kelestratian lingkungan. Orasi Ilmiah Guru Besar tetap Ilmu Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. 65 hal.

Handayani, E. (2012). Pravalensi Infeksi Bakteri Patogen Pada Ikan Patin (Pangasius hypophthalmus) di Kawasan Minapolitan Kabupaten Banjar. Skripsi. Bogor, Indonesia: Institut Pertanian Bogor.

Hattinggh, M.A., Alexander, A, Meijering, I, Van Reenan, C.A. and Dicks, L.M.T., 2014. Malting of barley with combinations of L. plantarum, A. niger, Tricoderma reesei, R. Oligosporus and Geothrichum candidum to Enhance Malt Quality. International Journal of Food Microbiology, 173, pp. 36–40.

Hidayat Suryanto Suwoto, Sri Redjeki, Hesti Mulyaningrum dan Rachman Syah. (2018) Pertumbuhan, Sintasan dan Produksi Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus) yang Diberi Kombinasi Pakan Komersil dan Ampas Tahu Hasil Fermentasi, 17 (3), Desember 2018, 225349.

DOI:10.14203/beritabiologi.v17i3 .3305

Kamaruddin, Suwoyo, H.S. dan Made, H., 2013. Pemanfaatan Ampas Tahu yang Telah Difermentasi Menggunakan Ragi Tempe Terhadap Kecernaan Pakan pada Ikan Nila Oreochromis niloticis. Dalam: Sudrajat, A., Masengi, S., Nainggola, C., Raharjo, P., dan Sipahutar, Y.S. eds. Prosiding Seminar Nasional Perikanan Indonesia, 21–22 November 2013. Sekolah Tinggi Perikanan, Jakarta. pp. 153–157.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2010. Teknologi Pembenihan Ikan Patin (Pangasius sp.) yang Dipelihara secara Outdoor Dikolam yang Dipupuk. Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan Perikanan

Muhidin N.H., N. Juli, dan I.N.P. Aryantha. 2001. Peningkatan Kandungan Protein Kulit Umbi Ubi Kayu Melalui Proses Fermentasi. JMS. Vol. 6. No.1.

Nazlia, S., & Zulfiadi. (2018). Pengaruh Tanaman Berbeda pada Sistem Akuaponik terhadap Tingkat Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Lele (Clarias sp.). Acta Aquatica, 5(1), 14–18.

Panggabean, TK. Sasanti, A.D. dan Yulisman. (2016). Kualitas Air, Kelangsungan Hidup, Pertumbuhan, dan Efisiensi Pakan Ikan Nila yang Diberi Pupuk Hayati Cair pada Air Media Pemeliharaan. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 4(1) 67-79.

Restiana Budi, Ajib Kumala Sari, Octasari Wijayanti (2021). Peningkatan Produksi dan Pendapatan Usaha Kelompok Pembesaran Nila (Oreochromis niloticus) melalui Kegiatan Penyuluhan di Kecamatan Manis renggo, Kabupaten Klaten, 15(2): 189-206

Suratiyah Ken. 2015, Ilmu Usaha Tani, Edisi Revisi, Jakarta.

Suryani, S. A. M. P., & Arya, W. (2017). Improving the Quality of Tilapia (Oreochromis niloticus) with Consumtion Measures Leaf Extract Neem (Azadirachta indica A. Juss) as Antiparasitic. International Journal Of Life Science, 1(3), 28-37. Https://doi.org/10.21744/ijls.v1i3.62

Suryanta, K. 2016. Mengolah Limbah Organik Menjadi Pakan Ternakuntuk Program Penggemukan Sapi-Kambing-Unggas-Ikan. Yogyakarta: Araska.

Tanwiriah, W., Garnida, D. dan Asmara, I.Y., 2007. Pengaruh Tingkat Pemberian Ampas Tahu dalam Ransum Terhadap Performans Entok (Muscovy duck) pada Periode Pertumbuhan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran. Bandung. pp. 615-621.

Triyanti, R., & Hikmah, H. (2015). Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Udang Dan Bandeng: Studi Kasus Di Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 1 (1), 1. https://doi.org/10.15578/marina.v1i1.1007

Usman, Kamaruddin & A. Laining. 2013. Performansi pertumbuhan ikan beronang, Siganus guttatus, yang diberi pakan hasil fermentasi. Makalah telah dipresentasikan pada Seminar Nasional Kelautan IX, di Universitas Hang Tuah, Surabaya, Tanggal 24 April 2014. Laporan Hasil Penelitian Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Payau, Maros, 8 hal.

Wahyuningsih S. 2009. SU Semarang: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP PGRI Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.