Analisis Kemampuan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Program studi Matematika pada Mata Kuliah Aljabar

Purningsih Rasid, Marwia Tamrin Bakar, Wilda Syam Tonra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan disposisi berpikir kritis matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika pada mata kuliah aljabar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester 6. Teknik pengumpulan data dimulai sebelum penelitian yaitu dengan memilih subjek penelitian yang telah mengikuti perkuliah aljabar dan mempelajari materi SPLTV setelah itu peneliti melakukan pengambilan data dengan memberikan tes terkait soal aljabar materi SPLTV, dilanjutkan dengan pemberian angket untuk diisi oleh subjek penelitian dan wawancara untuk mengklarifikasi kembali jawaban pada soal tes dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mentranskrip data verbal yaitu mengubah data verbal ke data tertulis, kategorisasi data yaitu memilah data instrument tes, angket dan pedoman wawancara berdasarkan indikator disposisi berpikir kritis matematis, mereduksi data yaitu memfokuskan dan memiliah hal-hal yang penting serta membuang data yng tidak perlu, triangulasi data yaitu pencocokan data pada setiap instrument yang akan dipakai, menelaah data yaitu menganalisis data yang tersedia dan akan digunakan, penyajian data yaitu dalam bentuk naratif, dan penarikan kesimpulan dengan tujuan untuk merumuskan kembali disposisi berpikir kritis matematis yang dmiliki mahasiswa pada mata kuliah aljabar. Hasil penelitian kemampuan disposisi berpikir kritis matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam mata kuliah aljabar adalah sebagai berikut: 1) Kemampuan disposisi berpikir kritis matematis yang mewakili kategori sedang yaitu meliputi indikator pencarian kebenaran, berpikiran terbuka, analitis, dan rasa ingin tahu sedangkan indikator sistematis dan kepercayaan dri belum dimilikinya dan 2) Kemampuan disposisi berpikir kritis matematis yang dimiliki oleh subjek dengan kategori rendah yaitu meliputi indikator berpikiran terbuka, analitis, dan kepercayaan diri sedangkan indikator pencarian kebenaran, sistematis dan rasa ingin tahu belum dimilikinya.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i2.3149

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.