Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Berbantuan Media Powtoon

Nurul Aprilya Umasangaji, Surtila Ardi, Aisia Ade, Rahma Rajak, Asmiranda Armin, Ahmad Afandi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta informasi mengenai kemampuan literasi numerasi siswa dengan bantuan media video animasi (powtoon). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan yang menggunakan data dari artikel, berita, dan jurnal nasional. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mempelajari isi dari artikel, jurnal serta konten video tersebut. Sama seperti pembelajaran Literasi dan Numerasi di sebagian besar Sekolah Menengah Pertama, pembelajarannya masih dianggap rendah. Hal ini diakibatkan karena kurang menariknya media pembelajaran yang digunaakan oleh guru dalam meyampaikan atau memberi soal yang berbasis literasi dan numerasi. Faktor tambahan adalah kurangnya dorongan dan pengawasan dari orang tua. Dalam hal ini, dorongan dan pengawasan dimaksudkan untuk mendorong anak untuk belajar di malam hari dengan bantuan orang tua, sehingga orang tua tahu seberapa baik anak memahami materi yang diajarkan.

Kata kunci: Kemampuan literasi numerasi, Powtoon


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i2.7869

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.