Identifikasi Problematika Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMA Negeri 6 Kepulauan Sula
Sri Ningsih Umamit, Rusman Rasyid, Rohana Sufia
Sari
Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: Untuk mengetahui problematika belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA Negeri 6 Kepulauan Sula dan untuk mengetahui solusi dari problematika belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA Negeri 6 Kepulauan Sula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah problematika belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA Negeri 6 Kepulauan Sula dan bagaimana solusi dari problematika belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA Negeri 6 Kepulauan Sula, metode yang di pakai adalah kualitatif. Adapun temuan masalah yang menyebabkan kesulitan belajar dalam mata pelajaran Geografi terdiri atas minat dan motivasi belajar. Berkaitan dengan minat, guru mata pelajaran Geografi mengungkapkan bahwa selama jam pelajaran, masih ada siswa yang tidak mengikuti pelajaran dengan sangat antusias, terlebih lagi saat jam pelajaran Geografi disiang hari, siswa sering mengantuk di kelas sehingga menyebabkan kurangnya konsentrasi saat pembelajaran berlangsung. Penyebab lainnya adalah kurangnya perhatian siswa kelas X IPS SMA Negeri 6 Kepulauan Sula terhadap mata pelajaran Geografi, dikarenakan belajar Geografi membutuhkan konsentrasi yang tinggi seperti memahami materi tentang karakteristik lapisan bumi atau (atmosfer). Siswa sering merasa kesulitan dalam materi tersebut, karena cenderung menekankan siswa untuk tetap fokus dan tidak memikirkan hal lain diluar jam pelaran berlangsung.
Kata Kunci
Problematika; Mata Pelajaran Geografi
Referensi
Widodo & Mukminan, 2018. Pengembangan E-Learning Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 12-25.
Mukhlis, D. 2021. Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Dinamika Planet Bumi sebagai Ruang Kehidupan Pada Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Padang. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Waluya, 2014. Tujuan Pendidikan dan Manfaat Pendidikan dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Salemba Empat
Moleong. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rahmatullah, & Inanna. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Badan Penerbit UNM.
DOI:
https://doi.org/10.33387/pangea.v7i1.10292
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Terindeksasi pada :
.png)
.png)
 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Â