Studi tentang Persepsi dan Sikap Siswa Terhadap Isu-isu Lingkungan dan Keberlanjutan setelah Mengikuti Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 6 Maluku Tengah

Asrul Asrul

Sari


Provinsi Maluku secara geografis rentan terhadap isu lingkungan seperti abrasi pantai dan potensi bencana alam, sehingga pemahaman siswa terhadap isu-isu ini menjadi sangat penting. Dalam konteks ini, pendidikan, khususnya mata pelajaran Geografi, memiliki peran strategis dalam membentuk individu yang tidak hanya berpengetahuan luas, tetapi juga memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi dan sikap siswa terhadap isu-isu lingkungan dan keberlanjutan setelah mengikuti pembelajaran Geografi di SMA Negeri 6 Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Sebanyak 75 siswa kelas XI menjadi responden, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur persepsi dan sikap terhadap berbagai isu lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi yang baik hingga sangat baik, khususnya dalam memahami perubahan iklim dan dampaknya. Sikap positif paling menonjol terlihat dalam penghematan sumber daya alam dan kepedulian terhadap lingkungan lokal. Namun demikian, terdapat kesenjangan antara pengetahuan yang dimiliki dengan partisipasi aktif dalam aksi lingkungan maupun edukasi kepada orang lain. Oleh karena itu, pembelajaran Geografi perlu diperkaya dengan pendekatan berbasis aksi nyata guna mendorong keterlibatan siswa secara lebih proaktif dalam isu keberlanjutan.

Kata Kunci


Persepsi Lingkungan; Sikap Lingkungan; Pembelajaran Geografi; Keberlanjutan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiputra, D. K., & Hidayah, N. (2025). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN ABAD 21. Goresan Pena.

Dharmayana, I. W., Kumara, A., & Wirawan, Y. G. (2012). Keterlibatan siswa (student engagement) sebagai mediator kompetensi emosi dan prestasi akademik. Jurnal Psikologi, 39(1), 76–94.

Dixit, R., & Dixit, A. (2024). The role of geography in environmental education and sustainability. International Journal of Social Sciences and Education Research. https://doi.org/10.33545/26649845.2024.v6.i1b.89

Genovese, E. (2022). University student perception of sustainability and environmental issues. AIMS Geosciences, 8(1), 1. https://doi.org/10.3934/geosci.2022035

Habib, N., & Ladika, N. (2025). Penerapan Kegiatan Eco-Project Berbasis Sentra untuk Meningkatkan Kepedulian Anak terhadap Lingkungan pada Siswa Kelas III di MIS Al-Ikhlas Rum. JURNAL Studi Tindakan Edukatif (JSTE), 1(2), 96–100.

Haris, S. P., Nurfaika, S. S., Nurul Ainun Tangge, S., Najma Nur Mawaddah, S. P., Boi Herman, S. S., Rusiyah, S. P., Natalia Adel, H. N., Mirna Yunita, M. P., Syamsunardi, S. P., & Saban Rahim, S. S. (2025). Pengantar Geografi. PT Penerbit Qriset Indonesia.

Hidayatullah, E. (2024). Rekonstruksi konseptual pendidikan holistik: Pendekatan fenomenologis terhadap inklusivitas dan kesadaran sosial. Jurnal Studi Edukasi Integratif, 1(1), 55–68.

Jeniver, J., Fadilah, M., & Alberida, H. (2023). Literatur Review: Pengaruh Model Pembelajaran Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 10–20.

Kollmus, A., & Agyeman, J. (2015). Mind the Gap : Why Do People Act Environmentally and What Are the Barriers Mind the Gap : why do people act environmentally and what are the barriers to. Environmental Education Research, August 2002, 37–41. https://doi.org/10.1080/1350462022014540

Mochizuki, Y., & Fadeeva, Z. (2010). Competences for sustainable development and sustainability: Significance and challenges for ESD. International Journal of Sustainability in Higher Education, 11(4), 391–403.

Mulyanie, E., & Setiawan, I. (2024). Enhancing Environmental Awareness Through Ecopedagogy and Local Wisdom: A Study of Geography Education Students in Kampung Naga. E3S Web of Conferences, 600, 5001. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202460005001

Rakuasa, H., & Latue, P. (2023). Role of Geography Education in Raising Environmental Awareness: A Literature Review. Journal of Education, Management and Learning Sciences. https://doi.org/10.59653/jemls.v2i01.293

Report, I. S. (2023). Summary for Policymakers of the Intergovernmental Panel on Climate Change.

Riyadi, T., Zenabia, T., & Maradina, J. (2025). Literasi Sustainability: Gerakan dan Promosi Keberlanjutan pada SMAS 1926 Pamulang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(12), 5819–5827.

Skarstein, F., & Wolff, L.-A. (2020). An Issue of Scale: The Challenge of Time, Space and Multitude in Sustainability and Geography Education. Education Sciences, 10(2), 28. https://doi.org/10.3390/educsci10020028

Windiyani, T., Setiawan, B., Sofyan, D., Gani, R. A., & Iasha, V. (2025). KURIKULUM CRT BERBASIS ESD: Teori dan Implementasinya di Sekolah Dasar. PT. Pena Persada Kerta Utama.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v7i1.10359

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Â