Evaluasi Prgram Pendidikan Full Day School dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 4 Kota Ternate

Rahma Ade Tia, Zulkifli Zam Zam, Hernita Pasongli

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Full Day School dalam pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 4 Kota Ternate.  Desain penelitian ini adalah penelitian Deskriptif evaluatif (CIPP:Contex, Input Process, Product) dengan instrument yang digunakan Angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dan kelas berjumlah 165 siswa sebagian dari Populasi yaitu pada kelas X sebanyak 23 siswa dan kelas XI sebanyak 24 siswa dengan teknik pengambilan data dengan cara tahap perencanaan, tahap pengumpulan data berupa observasi bagian wakasek kurikulum, wawancara kepala sekolah , kuisioner dibagikan di Guru Geografi, siswa kelas X dan XI IPS dan dokumentasi sebanyak 95, tahap analisis data yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, tahap keabsahan data  yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa 1). Implementasi kebijakan program pendidikan Full Day School dalam pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran Geografi SMA Negri 4 Kota Ternate belum sepenuhnya terbentuk,  hal ini ketika para guru menyatakan bahwa sistem full day school 100% kurang setuju kebijakan full day school dapat membentuk karakter siswa terutama karakter religius, disiplin, dan peduli lingkungan. 2). Kebijakan program pendidikan Full Day School dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negri 4 Kota Ternate sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, hal ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bab VIII Pasal 51 ayat 1 dan 3, dan Kepmendiknas No 125/U/2002 yang menjelaskan bahwa sekolah dapat menyelenggarakan pendidikan 200 sampai dengan 245 hari efektif per tahun yang setara 5 (lima) atau 6 (enam) hari belajar per minggu sepanjang tidak mengurangi jumlah jam belajar yang telah ditetapkan. 3) Terdapat kendala dalam Implementasi kebijakan program pendidikan Full Day School dalam pembentukan karakter siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA Negri 4 Kota Ternate,  diantaranya; a) Bahwa Implementasi  program  pendidikan  Full  Day  School  belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena dukungan sarana dan prasarana yang kurang memadai, seperti ruang belajar yang kurang nyaman karena tidak dilengkapi dengan fasilitas AC, WiFi, dan kursi/meja belajar yang masih model lama terbuat dari kayu dan sebagian sudah lapuk. b) Fasilitas  untuk  mendukukung  kegiatan  ekstra  kulikuler  juga  masih terbatas, sehingga siswa terbatas dalam mengembangkan kreatifitas, padahal siswa memiliki jumlah jam yang cukup banyak di sekolah. c)Fasilitas ruang guru untuk mendukung kegiatan guru dalam membina siswa  juga  masih  belum  memadai,  sehingga  para  guru  juga  terbatas dalam melaksanakan kreatifitasnya.

 

Kata kunci: Evaluasi Kebijakan Full Day school, Karakter Siswa, Model (CIPP contex, input, process, Product)


Teks Lengkap:

51 - 64

Referensi


Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Echols, John M. dan Shadily H. 2010. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustakatama.

Echols, John M. dan Shadily H. 1996. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustakatama.

Arikunto dan Cepi Safruddin Jabar. (2008). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Stufflebeam, D.L. (2003). The CIPP model for evaluation ,the article presented at the 2003 annual conference of the Oregon program evaluators network (OPEN) 3 Oktober 2003. Diambil pada tanggal 25 September 2010, dari http://www.wmich.edu/evalctr/cippmodel.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Qoyyimah, U. 2016. Inculcating Character Education Through EFL Teaching in Indonesian State Schools. Pedagogies: An International Journal, 11 (2), hlm. 1-18.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v1i2.1480

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License