PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALCKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-III PADA POKOK BAHASAN HIDROSFER DI SMA NEGERI 13 TIKEP

Gamaria Robo, Jumaris Jumaris, Tamrin Robo

Sari


Keberhasilan siswa dalam mempelajari suatu materi pembelajaran terletak pada kemampuan guru mengelola pembelajaran yang mengarahkan peningkatan kognitif, disamping pengembangan sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil observasi awal, pada proses pembelajaran siswa di SMA Negeri 13 TIKEP khususnya kelas X-III menunjukan hasil belajar geografi belum memenuhi KKM (Kriteria ketuntasan minimal) yang ditetapkan di sekolah tersebut adalah 75%. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran talking stick sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Di samping itu pula dalam proses pembelajaran, agar pembelajaran geografi menjadi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, salah satunya dapat dilaksanakan dengan penerapan model pembelajaran talking stick. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-III pada pokok bahasan hidrosfer di SMA Negeri 13 TIKEP. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 TIKEP pada bulan Mei 2015, jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-III SMA Negeri 13 TIKEP. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah perangkat pembelajaran (silabus dan RPP), butir soal yang berbentuk essay dan lembaran observasi yang terbentuk daftar cek (chek list). Hasil penelitian ini menunjukkan pokok bahasan hidrosfer dengan penerapan model pembelajaran talking stick, pada pokok bahasan sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan pemahaman siswa pada pokok bahasan sumber daya alam. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 9 orang yang dipresentasekan yaitu 36 %, dan telah meningkat pada siklus II yaitu siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa yang dipresentasekan yaitu 84 %.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aqib. (2013). Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Konstekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Sanjaya, W. (2006).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya. (2008).Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan: Jakarta. Prenada Media Group

Yennita. (2010). Motivasi Belajar Fisika Siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Melalui Penerapan Model Talking Stick. Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau. ISSN 1978-502X, jurnal Geliga Sains 4 (1), 8-11, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v3i1.4613

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License