PENGARUH ANTARA TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE
Muhammad Albaqly Rachmat Ali, Ramdani Salam, Rustam Hasim
Sari
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Kota Ternate, terdapat beberapa permasalahan mengenai kedisiplinan belajar. antara lain ketika bel masuk berbunyi peserta didik tidak langsung masuk kelas dan ketika pembelajaran berlangsung masih banyak peserta didik yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajarnya pada mata Pelajaran Geografi di kelas XI Negeri 4 Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 4 Kota Ternate. Teknik pengumpulam data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis data dalam penelitian ini Menggunakan Rumus Korelasi Product Moment. Hasil yang diperoleh adalah 0,334 atau 33,4% dengan tingkat signifikan 0,018 berati ada hubungan signifikan antara kedisiplinan dan prestasi belajar siswa. Sesuai hipotesis yaitu dilakukan menggunakan Rumus Korelasi Product Moment. Jika nilai sig> 0,05 maka Ho ditolak jika nilai signya< 0,05 maka Ha diterima. Berdasarkan pembahasan yang didapat dilihat bahwa hipotesis dapat diterima dengan menunjukan bahwa adanya hubungan antara tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajarnya. Berdasarkan hasil kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan menunjukan perolehan nilai koefisien determinasi (r) sebesar 0, 334. Hal ini menunjukan hasil kedisiplinan siswa (X) memberi kontribusi sebesar 34% terhadap variasi variabel yang mempengaruhi prestasi siswa (Y). Adapun hasil analisis F hitung 21,180 dengan probality volue < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan model layak (fit).
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Za0in. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Djojonegoro, Wardiman.1996. Visi dan Strategi Pembangunan Pendidikan Untuk Tahun 2020 Tuntutan Terhadap Kualitas. Bandung: Mimbar Pendidikan IKIP
Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo
DOI:
https://doi.org/10.33387/pangea.v3i2.4615
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Terindeksasi pada :
xx
Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License