PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-A IPS TERPADU PADA KONSEP DINAMIKA KEPENDUDUKAN DAN PEMBANGUNAN NASIONAL DI SMP NEGERI 13 KOTA TERNATE

Juwanda A Mahmud, Tamrin Robo, Vrita Tri Aryuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep dinamika kependudukan dan pembangunan nasional kelas VIII-A SMP Negeri 13 Kota Ternate melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan instrument yang digunakan adalah soal tes akhir pada siklus I dan siklus II dengan jumlah siswa yang mengikuti tes yaitu 25 siswa. Soal akhir dalam bentuk soal uraian, lembar aktifitas guru dan aktifitas siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskritif kualitatif yang berdasarkan pada rumus-rumus yaitu rumus tingkat penguasaan siswa, rumus tingkat klasikal, penilaian aktifitas guru dan aktifitas siswa. Pada siklus I perolehan tingkat penguasaan dari 25 siswa yaitu dengan peresentase hanya 40%. Pada siklus II tingkat penguasan dari 25 siswa yaitu 96%. Hasil pengamatan aktifitas guru oleh observer pada siklus I dengan persentase 45,45. Sedangkan pada siklus II hasil pengamatan aktifitas guru yaitu dengan persentase 100%. Aktifitas siswa pada siklus I dengan presentase yaitu 64,67%, sedangkan pada siklus yaitu 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai standar ketuntasan klasikal karena nilai belajar siswa telah tuntas di atas standar ketuntasan minimal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. PendekatanKontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sartono. K. 1992. Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : Penerbit Rajawali Pres

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Pernada Media Grub.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v3i2.4618

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License