ANALISIS KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DESA KOITITI KECAMATAN GANE BARAT KABUPATEN HALMAHERA SELATAN

Akson Ishak, Bahtiar Bahtiar, Endang Purwati

Sari


Masyarakat di kawasan pesisir Indonesia sebagian besar berprofesi sebagai nelayan yang diperoleh secara turun-temurun dari nenek moyang mereka. Karakteristik masyarakat nelayan terbentuk mengikuti sifat dinamis sumber daya yang digarapnya, sehingga untuk mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal, nelayan harus berpindah-pindah. Selain itu,resiko usaha yang tinggi menyebabkan masyarakat nelayan hidup dalam suasana alam yang keras yang selalu diliputi ketidakpastian dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Karakteristik Sosial ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penenlitian ini adalah penelitian kuatitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang mengacu pada aliran positivisme atausuatu kegiatan yang memiliki hasil yang berupa kesimpulan yang memiliki sifat jelas dan pasti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Nelayan Desa Koititi Kecamatan Gane Barat Kabupaten Halmahera Selatan yang bekerja sebagai nelayan. Jumlah masyarakat yang bekerja sebagai nelayan adalah 40 orang yang bekerja sebagai nelayan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif, pada penelitian ini menggunakan prosedur perhitungan presentase dengan menggunakan rumus presentase P=f/n x 100%. Berdasaarkan data yang diperoleh melalui kuesioner hasil pendapatan nelayan dapat dilihat bahwa pendapatan perbulan yang diperoleh dengan melakukan penangkapan ikan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari yang di tanggung,berupa biaya pendidikan, biaya kesehatan pola konsumsi, dan gizi, dengan pedapatan tersebut dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan untuk kebutuhan para nelayan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agunggunanto,Y,E. 2011. Analisis Kemiskinan dan Pendapatan Keluarga Nelayan di Wadung Kabupaten Demak Jawa Tengah. Journal Dinamika Ekonomi Pembangunan vol 1, no 1, juli 2011.

Masri. 2010. Identivikasi Karakteristik Sosial Ekonomi Budaya Masyarakat Nelayan Sungai Limaudi Kabupaten Padang Pariaman Dalam Penyediaan Perumahan,permukiman, Tesis program pascasarjana teknik pembangunan wilah dan kota Universitas di Ponegoro Semarang, 2010.

Wasak,M. 2002. Keadaan Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan diDesa Kanibuhutan Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara, Sulut, Pacific Journal, vol 1, 2002.

Watung,N,Dkk. 2013. Karakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Di Desa Lopana Kecamatan Amurang Timur Propinsi Sulawesi Utara, journal, vol 2, oktober 2013




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v3i2.4619

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License