IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 SANANA

Endang Purwati, Dedi Leko, Mukhtar Yusuf, Rusman Rasyid, Muhammad Iksan

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi inquiry terbimbing dalam pembelajaran online pada kelas XI IPS di SMAN 1 Sanana selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif diuraikan dengan kata-kata menurut responden, apa adanya sesuai dengan pertanyaan penelitiannya, kemudian dianalisis dengan kata-kata apa yang melatarbelakangi responden dalam berperilaku (berpikir, berperasaan, dan bertindak). Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Geografi kelas XI sebanyak 2 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan guru melaksanakan pembelajaran inquiry dengan menggukana 2 tahapan yaitu; 1). Tahapan perencanaan guru geografi berdiskusi untuk menentukan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan melakukan analisis silabus dan RPP yang telah disusun dalam kurikulum sebelumnya dan disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia. Tugas yang diberikan kepada peserta didik dirancang dengan memperhatikan ciri-ciri inquiry yang melatih kemampuan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan, mencari informasi sendiri dari berbagai sumber, dan melakukan penyelidikan dalam menyelesaikan tugas tersebut. 2) Tahapan implementasi, guru menggunakan media whatssapp group dalam pembelajaran online, sedang peserta didik yang tidak memiliki fasilitas yang mendukung dalam pembelajaran tersebut, pembelajaran dilakukan secara offline dengan melakukan kunjungan di rumah peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul, H. K., & Arnesi, N. (2015). “Pengunaan Media Pembelajaran nlineOffline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggrisâ€. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1).

Cresswell, J. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dabbagh, N., & Ritland. (2005). Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson.

Jannah, F. (2022, Juni 9). https://smanlenteng.sch.id. Retrieved from https://smanlenteng.sch.id: https://smanlenteng.sch.id

Muslim, F. (2022, September Juni). Retrieved from digilibadmin.unismuh.ac.id: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/8891-Full_Text.pdf

Prasetya, Y., Ferdiansyah, M., & Prasrihamni, M. (2022, Januari 23). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 21 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 89-95.

Priansa:Donni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran (Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Puspaningtyas, N. D. (2020, Mei 1). Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 703-712.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media Grup.

Sutopo, H. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Widianto, S. (2022, Juni Kamis). https://iai-tabah.ac.id/strategi-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19/. Retrieved from http://iai-tabah.ac.id: https://iai-tabah.ac.id/strategi-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19/

Yin, R. K. (2000). Case Study Research: Design and Methods (Edisi Terjemahan M. Djauzi Mudzakir). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v4i1.4621

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License