TINGKAT KESEJAHTERAAN PEDAGANG IKAN DI PASAR HIGIENIS GAMALAMA KOTA TERNATE

Eva Marthinu, Wa Nenti, Vrita Tri Aryuni, Hernita Pasongli, Andi Tenri Pada Agustang

Sari


Tingkat kesejahteraan merupakan salah satu indikator untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi suatu keluarga, demikan halnya dengan pedagang ikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan pedagang ikan di Pasar Higienis Gamalama Kota Ternate, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah. Responden adalah pedagang ikan di pasar Higienis Gamalama Kota Ternate. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif dengan sampel penelitian sebanyak 60 responden. Pengumpulan data dengan cara membagikan kusioner. Analisis data menggunakan rumus persentase dengan mengacu pada kriteria tingkat kesejahteraan indicator BPS. Berdasarkan skor hasil analisis tingkat kesejahteraan pedagang ikan Di Pasar Higienis Gamalama dari masing-masing indikatornya diperoleh hasil yakni 55% berada pada kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa tingkat kesejahteraan dari pedagang ikan di Pasar Higienis Gamalama Kota Ternate termasuk dalam kategori sejahtera.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniawati, T. 2015. Tingkat Kesejahteraan Pengrajin Bambu Di Desa Sendari, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosni, 2012. Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Di Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Jurnal Geografi. 9 (1), 53-60.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

R.B, Gunardo. 2014. Geografi Transportasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006. Administrasi Kependudukan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 124, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 Tentang : Kesejahteraan Sosial.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v4i1.4623

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License