Analisis Pelayanan Angkutan Bus Sekolah di Kota Administrasi Jakarta Pusat

Maulana Malik

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pelayanan angkutan bus sekolah di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuanitatif dengan melakukan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Teknik analisis data adalah analisis data kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa enam indikator pelayanan minimal yang dipersyaratkan menunjukkan hasil yang memuaskan dan memenuhi standar pelayanan minimal. Pada indikator keselamatan menunjukkan bahwa bus dilengkapi alat keselamatan standar (APAR, P3K, Pintu Darurat) dan awak bus dilengkapi pelatihan dan sertifikasi khusus. Pada indikator keamanan menunjukkan bahwa bus telah dilengkapi alat keamanan (CCTV). Pada indikator kenyamanan menunjukkan bahwa bus memenuhi fasilitas kenyamanan (AC) dan kebersihan terjaga. Pada indikator keterjangkauan menunjukkan bahwa bus ini menjangkau siswa karena tarifnya gratis dan menghubungkan rumah dan sekolah. Pada indikator keteraturan bahwa bus ini sudah memenuhi dengan adanya LED trayek dan informasi trayek di social media. Pada indikator kesetaraan menunjukkan bahwa bus ini belum mampu menyediakan fasilitas untuk prioritas.


Kata Kunci


Pelayanan; Bus Sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauzi, H.R. 2020. Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Trans Patriot Subsidi Dan Non Subsidi Sebagai Jasa Transportasi Publik Di Kota Bekasi [Skripsi]: Universitas Negeri Jakarta.

Kameswara, B., & Wiratomo, H., 2018. Bus Sekolah sebagai Pilihan Moda Transportasi di Kota Bandung dari Sisi Preferensi Pelajar sebagai Pengguna. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional 4 (4).

Fitroh, U., 2016. Efektivitas Pelayanan Angkutan Bus Sekolah Gratis Oleh Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Kota Blitar. Jurnal Mahasiswa UNESA Publika,4 (2), 110.

Kementerian Perhubungan. (2015). Peraturan Menteri No 29 Tahun 2015.

Kementerian Perhubungan. (2013). Peraturan Menteri No 98 Tahun 2013.

Nugraha, H. 2013.Kajian Efektivitas Pengoperasian Bus Sekolah di Jakarta.Jakarta: Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v4i2.6610

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License