Implementasi Active Learning dengan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 5 Kota Ternate

Reka Gailea, Endang Purwati, Vrita Tri Aryuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 dengan menerapkan model active learning metode think pair share di SMA Negeri 5 Kota Ternate semester genap 2023-2024. Subyek penelitian berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan berkolaborasi antara peneliti dengan guru kelas untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk penilaian proses pembelajaran dan tes pada penilaian akhir pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan persentase untuk menilai tingkat penerapan model pembelajaran dan hasil belajar siswa. Perolehan persentase peningkatan hasil belajar siswa dari penerapan model pembelajaran pada siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi model active learning metode think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2. Rekomendasi dari hasil penelitian tindakan ini bahwa guru Geografi dapat menerapkan model Active Learning dengan metode Think Phair Share untuk membuat proses pembelajaran lebih dinamis, siswa lebih partisipatif dan menyenangkan.

Kata Kunci


Implementasi Active Learning; Think Pair Share; Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dwi, S. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Hidayat, Y. (2020). PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 28-35.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniasari, E. F., & Setyanigtyas, E. W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walkk. Journal of Education Research and Evaluation, 120-127.

Purwati, E., & Sangadji, K. (2020). Kolaborasi Guru dalam Mendesain Pembelajaran Melalui Praktik Lesson Study for Learning Community di SMK Pembangunan Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 35-40.

Samani, M. (2016). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suhardjono. dkk. (2011). Penelitian Tindakn Kelas Jakarta: Bumi Aksara.

Sunita, M. 2014. TPS (Think-Pair-Share): An Active Learning Strategy to Teach Theory of Computation Course. Internasional Journal of education Resarch and Technology 5(4):62.

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 1990. Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v5i1.6759

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License