Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Media Video Mitigasi Banjir Pada Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 5 Kota Ternate

Riskal Tamrin, Andi Tenri Pada Agustang, Risky Nuri Amelia

Sari


Pendidikan pada dasarnya berlangsung dalam bentuk pembelajaran yang melibatkan dua pihak yaitu guru dan siswa agar tercitptanya suasana belajar yang baik dan menyenangkan sehingga murid dapat senang dalam proses pembelajaran. namun dari segi interaktif sebagai cara siswa belajar dan melakukan sebuah pembelajaran masih jauh dari harapan. Oleh karena itu media video merupakan salah satu peranan penting sebagai media dalam proses belajar-mengajar, apabila siswa mudah dan dapat menggunakan media tersebut dengan baik maka tidak sulit bagi guru untuk mentransfer ilmu kepada siswa, dan siswa juga lebih senang untuk mempelajari sesuatu dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui persepsi siswa terhadap implementasi media video mitigasi banjir pada kelas XI IPS2 di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Penelitian ini dilaksanakan Di SMA Negeri 5 Kota Ternate Provinsi Maluku Utara, yang dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 7 orang yang dipilih secara acak dikelas XI IPS2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa dikelas XI IPS2 terhadap media video media video mitigasi pada materi banjir terlihat sangat baik, karna media video merupakan alat yang dapat membuat siswa tertarik dalam proses belajar mengajar dan berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh peneliti, dapat berjalan dengan baik dengan tayangkan dan juga power point yang dirancang semenarik mungkin.

Kata Kunci


Persepsi siswa; implementasi media video; mitigasi banjir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bimo, Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi.

Dewantara, K. H. 2011. Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama Pendidikan. Luhur Persatuan Tamansiswa.

Dewi, R. P., & Yosef, H. (2017). Hubungan antara Academic Self-Confidence dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2), 14–27.

Hakim, Abdul., dkk. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Tema 2 tentang Kewajiban, Hak dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan.

Kartikasari, G. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia: Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan ,, 16(1),

-77.

Kustandi dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kustiono. 2010. Media Pembelajaran: Konsep, Nilai Edukatif, Klasifikasi, Praktek Pemanfaatannya dan Pengembangan. Buku Ajar. Semarang: Unnes Press.

Liana, D. & Leonard. (2016). Pengembangan Media Belajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI.

Prastowo, A. (2015). Sumber Belajar dan pusat sumber belajar: teori dan Aplikasinya di sekolah/Madrasah. Kencana.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Bandung: CV. Alfabeta.

Abdillah, W. (2018). Metode Penelitian Terpadu Sistem Informasi Pemodelan Teoritis, Pengukuran dan Pengujian Statistis. (R. I. Utami, Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v5i1.6760

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License