Pengaruh Project Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 1 SMA Bina Karya Kabupaten Halmahera Selatan

Nurwahida Abu, Rizky Nuri Amelia, Asnita Ode Samili

Sari


Project based learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi Kelas XI IPS 1 SMA Bina Karya Halmahera Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Bina Karya Halmahera Selatan tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan rubrik tingkat kreativitas siswa dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh kreativitas siswa dari siklus I dan II dengan menerapkan model project based learning diperoleh nilai presentase siklus I skor 36,96% dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II skor 65,00% dengan kriteria baik aktivitas guru pada siklus I presentase sebesar 80,00% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II skor 98,00% dengan kriteria sangat baik. Dari pengolahan tingkat dan terjadi perbedaan disetiap siklus pembelajaran, Artinya terdapat peningkatkatan tingkat kreativitas siswa dengan penerapan model project-based learning (PBL) dari sebelumnya.

Kata Kunci


Model Project Based Learning; kreativitas siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Irianto. 2003. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Padang: Kencana.

Ahmad Sabri, 2005, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Asprilla, Denny. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR 2 pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK N 2 Pengasih. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Baskoro, Leonardus.2013. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Komputer (Kk6) Di SMKN 2 Wonosari Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Dwitagama, dkk. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Cer 3, Jakarta : PT. Indeks, 2010.

Hamalik, Oemar 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iskandar, Dadang dan Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media.

Natawidjaja, Rochman. 1984. Tingkap Penerapan Bimbingan dalam Proses Belajar-Mengajar Dihubungkan dengan Kepedulian Guru dan Sikap Siswa Terhadap Bimbingan: Disertasi program Pascasarjana IKIP. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Nurpratiwi dkk, 2015. Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswamelalui Metode Picture And Picture dengan Media Audio Visual Pada MataPelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA NEGERI 1 BATARKAWUNG, Geoedukasi Volume IV Nomor 2.

Sugihartono., Fathiyah, K.N., Harahap, F., et al. 2013. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Trianto.2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v5i1.6761

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License