Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Menanggulangi Banjir di Desa Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut Kabupaten Pulau Taliabu

Bernadus Poso, Rizky Nuri Amelia, Yuni Andriyani Safitri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam menanggulangi banjir di Desa Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut Kabupaten Pulau Taliabu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menanggulangi banjir, tingkat partisipasi masyarakat Desa Ngele cukup bervariasi. Tingkat partisipasi berturut-turut berupa buah pikiran sebesar (90,15%), partisipasi ini dilakukan oleh masyarakat dengan mengadakan kegiatan rapat atau musyawarah yang di hadiri oleh masyarakat, tokoh masyarakat, serta aparat pemerintah, turut serta dalam kegiatan rapat yang diadakan serta memberikan masukan berupa ide atau gagasan mengenai hal yang dapat dilakukan untuk memitigasi banjir. Kedua tingkat partisipasi dalam bentuk tenaga kerja sebesar (89,95%). Partisipasi ini dilakukan dengan cara melaksanakan kegiatan kerja bakti, membersihkan selokan disekitar rumah, membuang sampah pada tempatnya serta menanam pohon. Ketiga partisipasi dalam bentuk harta benda sebesar (86,73%), Partisipasi ini dilakukan dengan mengumpulkan dana untuk pelaksanaan kegiatan menaggulangi banjir pengendali banjir. Keempat partisipasi dalam bentuk keterampilan sebesar (89,16%). Partisipasi ini dilakukan dengan menyumbangkan keterampilan atau keahlian dalam menanggulangi banjir. Kelima partisipasi dalam bentuk sosial (88,44%). Partisipasi ini dilakukan dengan cara melibatkan diri untuk menyebarkan informasi tentang adanya kegiatan dalam menanggulangi banjir.

Kata Kunci


Partisipasi masyarakat; penanggulangan banjir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, Isbandi Rukminto. 2007. Perencanaan partisipatoris berbasis aset komunitas: dari pemikiran menuju penerapan. Depok: FISIP UI Press.

Amran. 2016. “Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam pengurangan Resiko Bencana Tanah Longsor Melalui Kelompok Kampung Siaga Bencana”. Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial. Vol. 15(1): hal. 139-153.

Djalal, Fasli dan Dedi Supriadi. 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Eberhardt, E., Bonzanigo, L., & Loew, S. Long-term investigation of a deep-seated creeping landslide in crystalline rock. Part II. Mitigation measures and numerical modelling of deep drainage at Campo Vallemaggia. Canadian Geotechnical Journal; 2007, 44 (10):

-12.

Huraerah, A. 2008. Pengorganisasian, Pengembangan Masyarakat Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Martina, A., 2012. Gambaran tingkat stress kerja perawat di ruang rawat inap rumah sakit paru Dr. Moehammad Goenawan Partowidigyo Cisarua Bogor (RSPG). Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Noza, Nurtiana. 2017. “Partisipasi Masyarakat dalam Program Desa Tangguh Bencana di Desa Teluk Bakau Kabupaten Bintan”. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 6(5): hal. 1-15.

Pangesti, A., 2012. Gambaran tingkat pengetahuan dan aplikasi kesiapsiagaan bencana pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Peraturan No. 20 Tahun 2010 Tentang Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2011 Tentang Perubahan Perda No 3 Tahun 2009 Tentang Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Pratiwi & Meirinawati, 2019. Partisipasi Masyarakat Dalam Program Desa Tangguh Bencana (Destana) Di Desa Pilangsari Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pekerjaan Sosial. Vol. 2 No: 1.

Riduwan. 2002. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J.W. (2002). Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup, Jilid 2, Penerjemah: Chusairi dan Damanik). Jakarta: Erlangga.

Suripin, 2003. Sistem Drainase Kota Yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suwaryo, P.A.W., & Yuwono, P., 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. UROCOL, The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang.

Undang-Undang No 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana

Umeidini, Femil. 2019. Partisipasi Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana di Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor. Jurnal Pekerajan Sosial. Vol (2) (1).

WHO. World Health Statistics 2017: monitoring health for the SDGs, Sustainable Development Goals. (2017)

Widyastuty & Mardiana.2020. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Pandemi Covid 19 Terhadap Bentuk Partisipasi Masyarakat. Jurnal Plano Buana, Vol 2 No 2.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v5i1.6762

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License