Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI SMA Negeri 1 Mawasangka

Eko Hariyadi, Nasarudin Nasarudin, Sudarwin Kamur

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada peminatan mata pelajaran geografi kelas XI di SMA Negeri 1 Mawasangka. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mawasangka yang berjumlah 150 siswa. Metode pengambilan data untuk variabel motivasi belajar menggunakan kuesioner dengan skala likert dan wawancara, sedangkan prestasi belajar menggunakan metode dokumentasi berupa nilai rapor siswa untuk mata pelajaran geografi. Hasi penelitian ini ditunjukkan dengan nilai T-hitung = 4,993. T-tabel = 1,655, jika dibandingkan keduanya T-hitung > T-tabel. Dilihat dari nilai R square sebesar 0,144 dengan kriteria koefisien regresi tergolong rendah yang berarti motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Mawasangka dengan nilai persentas sebesar 14,4% sedangkan sisa persentasinya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.


Kata Kunci


Motivasi; Prestasi; Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianti, A. 2019. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan. 12(2). 117-134.

Awe, E. Y., & Benge, K. 2017. Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology. 1(4). 231-238.

Basuki, K. H. 2015. Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran. 44(2).

Budiariawan, I. P. 2019. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(2). 103-111.

Cleopatra, M. 2015. Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 5(2). 168-181.

Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Semarang Press.

Djali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Emda, A. 2018. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Gunawan, Y. I. P. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifian Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia. 2(1). 74-84.

Hamdu, G., & Agustina, L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penelitian. 12(1). 81-86.

Hanafy, M. S. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 17(1). 66-79.

Hariyadi, E., Azzajjad, M. F., & Ahmar, D. S. 2022. The Effect of Ice Breaking and Video Making Activities in Non-Classical Learning Models on Literacy Ability of Students. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 4(2), 183-192.

Huda, M. 2017. Kompetensi Kepribadian Guru dan Moiasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian. 11(2). 237-266.

Idzhar, A. 2016. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motiasi Belajar Siswa. Jurnal Office. 2(2). 221-228.

Kompri. 2016. Motiasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Rosda Karya.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. 2020. Pengembangan Istrumen Penilaian untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 3(2). 249-257.

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. 2021. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemic Covid-19. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan. 10(1). 145-161.

Marpaung, J. 2015. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal KOPASTA. 2(2). 82-86.

Monika, M., & Adman, A. 2017. Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1). 110-117.

Mulia, G. R. 2006. Hubungan Motivasi Belajar Siswa dan Penerapan Disiplin Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Payakumbuh. Skripsi (tidak diterbitkan) Padang: BK FIP UNP.

Mulya, A. 2018. Peran Singgle Parent terhadap Biaya Pendidikan Anak di Desa Pukat Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 2(1).

Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1) 27-31.

Mulyaningsih, I. E. 2014. Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20(4). 441-451.

Nasution, E. 2016. Problematika Pendidikan di Indonesia. Mediasi. 8(1).

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akutansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA. 4(1).

Pane, A., & Dasopang, M. D. 2017. Belajar & Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 3(2). 333-352.

Pratiwi, N. K. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesejatan di Kota Tanggerang. Pujangga. 1(20). 31.

Riyani, Y. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). Jurnal EKSOS. 8(1). 19-25.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. 2010. Kurikulum dan Pembeajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Siagian, R. E. F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 2(2).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rosda Karya.

Suciani, D., & Safitri, S. 2014. Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Universitas ESA Unggul. Jurnal Psikologi ESA Unggul. 12(2).

Sukiyasa, K., & Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motiasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Motivasi. 3(1). 126-137.

Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Syarif, I. 2012. Pengaruh Metode Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(2).

Ulfah, R. K., Santoso, A., & Utaya, S. 2016. Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(8).

Wardani, D. K., & Khikmah, N. 2021. Analisis Regresi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di MAPK Al-Hidayah Baron Nganjuk. Exact Paper Compilation (EPIC). 3(3). 419-429.

Winata, I. K. 2021. Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 5(1).




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v5i2.6842

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License