Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Ketersediaan Fasilitas Pada Objek Wisata Pantai Akebay Di Pulau Maitara Kota Tidore Kepulauan)

Ilga Hasbun, Abdulrasyid Tolangara, Syarifuddin Adjam

Sari


Objek Wisata merupakan dasar bagi kepariwisataan, tanpa adanya daya tarik disuatu tempat tertentu kepariwisataan sulit untuk berkembang. Fasilitas wisata sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung dan perkembangan fasilitas. Selain itu, ketersediaan fasilitas sangat penting untuk tujuan wisata, fasilitas wisata harus disediakan oleh penyedia jasa untuk dinikmati konsumen. Tujuan pada penelitian untuk mengetahui kepuasan pengunjung terhadap ketersediaan fasilitas wisata Pantai Akebay Pulau Maitara, Kota Tidore Kepulauan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan dilakukan secara langsung di pantai Akebay dengan cara accidental sampling terhadap pengunjung yang berkunjung ke objek wisata. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pengunjung Objek Wisata Pantai Akebay dilihat dari kesesuaian harapan dengan persentase keseluruhan sebesar 90,8% termasuk kategori sangat puas, minat berkunjung kembali dengan persentase keseluruhan sebesar 84,4% termasuk kategori sangat puas, kesediaan merekomendasikan dengan persentase keseluruhan sebesar 81,3% termasuk kategori puas, fasilitas utama dengan persentase keseluruhan sebesar 88,9% termasuk kategori sangat puas, terhadap fasilitas pendukung dengan persentase keseluruhan sebesar 84,2% termasuk kategori sangat puas, fasilitas pelengkap dengan persentase keseluruhan sebesar 86,4% termasuk kategori sangat puas, untuk jumlah hasil keseluruhan sebesar 86,2% termasuk kategori sangat puas.

Kata Kunci


Kepuasan Pengunjung; Ketersediaan; Fasilitas; Pantai Akebay

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ghanapala, W. K.A (2015) Tourists perception and satisfaction: implications for destination Management. American Journal of Marketing Research, 1(1), 7-19.

Latiff, K. & Imm, N.S. (2015). The impact of tourism service quality on satisfaction. Int. Journal of Economics and Management, 9(S), 67-94.

Ravicahndra, A. (2010). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pengunjung: Analisis Hubungan antara Mutu Pelayanan dan Fasilitas. Jurnal Manajemen Pariwisata, 5(2), 123-135.

Spillane, James J. (1994). Pariwisata Indonesia : Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisiun.

Stevianus, R. (2014). Daya Tarik Wisata dan Perkembangan Kepariwisataan: Analisis Objek Wisata sebagai Fondasi Pariwisata. Jurnal Ilmu Pariwisata, 6(1), 45-58.

Sudiarta, I. N., Wirawan, P. E., Astina, I. N. G., & Dewi, I. G. A. M. (2022). Kualitas Layanan dan Destinasi Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan untuk Mengunjungi Kembali Desa Wisata. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 508–526.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v6i2.9568

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Â