Analisis Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan (LOC-R) Di SMPN 7 Kota Ternate

Irma Jalali, Hernita Pasongli, Andi Tenri Pada Agustang

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection (LOC-R) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Ternate dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Ternate dengan menggunakan pendekatan Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection (LOK-R). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design, jenis One-Shot Case Study. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa kelas VIIIC dengan menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan One sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran LOCR efektif terhadap hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,011, < 0,05 maka H0 ditolak, sehingga rata-rata hasil belajar siswa lebih besar dari 75. Peningkatan hasil belajar siswa pada topik geografi berada pada kategori sangat baik sebesar 31%, baik 56%.

Kata Kunci


Pendekatan LOC-R; Hasil Belajar Siswa; IPS Geografi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Herman (2020). Model Pembelajaran Berbasis Literasi di Madrasah. At-tafkir. 13(2). 203-212.

Kemendikbud. (2022). Model Pembelajaran Literasi Untuk Pembaca Awal. Jakarta Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khamid, M. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Jurnal Pendidikan IPS. 1(2). 53 – 60.

Mahdalena, S. dan Sain, M. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Va Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin. Jurnal pendidikan. 1(1). 118-138

Mane, A. dan Surdin. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Mawasangka. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi. 1(1). 419-428.

Nashan, S., Anisa, R.N., Ummah, N., Margaretha, S.M., Amaliyah, F. 2023. Analisis Perbedaan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode PBL Kelas V Di SD 2 Bulong Kulon. Prosiding Conference of Elementary Studies (CES). 753-760.

Nufus, I.D.K., Rahman, N.A., dan Marthinu, E. 2019. Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Geografi Panggea. 1(2):74 -84

Pasongli,H., Marthinu, E., La Taju, J., Adjam, S., Djumati, F., Ikhsan, M. 2022. Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Pembelajaran Literasi, Orientasi, Colaborasi dan Refleksi (Loc-R) di SMP Negeri 7 Kota Ternate. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3(3).

-588.

Rikhayatun, S. Muryani, C. dan Soegiyanto, H. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Yang Diintegrasikan Dengan Pengetahuan Kebencanaan Melalui Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Bagi Siswa Kelas X SMA N 1 Ngluwar Kabupaten Magelang. Jurnal Geo. 2(1). 108 – 120.

Rismawati, M. dan Khairiati. E. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat 2(2). 03-212.

Segara. 2021. Teacher’s Perception: Designing Step-by Step LOC-R (Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection) in Sociocultural Literacy Teaching. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 63. 173-177.

Shasliani. 2019. Upaya Penanganan Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 24 Makassar Tahun 2019. Heritage: Journal of Social Studies. 1(1). 23-42.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusrah, D.A., Haryati, Fatimah, A.E., Syafirna, A., 2022. Sosialisasi model pembelajaran literasi orientasi kolaborasi refleksi (LOCR) pada guru MIN 12 langkat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM). 2(3). 9-14.




DOI: https://doi.org/10.33387/pangea.v6i1.9570

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeksasi pada :

 xx

 Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Â