PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 25 KOTA TERNATE

Zulfirda Arifin Pinang, Pamuti Pamuti, Risna Srinawati

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 25 Kota Ternate. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 47 siswa, dan sampel sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, wawancara, dokumentasi.dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial, uji prasyarat analisis serta pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, variabel lingkungan keluarga (X) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (Y) siswa kelas V SD Negeri 25 Kota Ternate. Pengaruh yang ditimbulkan variabel lingkungan keluarga (X) terhadap motivasi belajar (Y) memiliki arah yang positif. Hal tersebut dapat diketahui pada hasil analisis korelasi product moment didapatkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau rhitung (15,813) > rtabel (1,725). Derajat hubungan antara kedua variabel dapat dapat dilihat berdasarkan nilai pearson correlation yang dimana nilainya sebesar 15,813 yang berada pada kategori derajat korelasi yang sempurna.

 


Teks Lengkap:

10-17 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v13i1.10021

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id

Â