ANALISIS PENGGUNAAN SAINS EXPLORER: GAME EDUKASI IPA UNTUK MELATIH PEMAHAMAN DASAR STRUKTUR TUMBUHAN PADA SISWA SD KELAS 3 SD NEGERI 44 KOTA TERNATE

Iwan Abdy, Andi Rahmadani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Sains Explorer sebagai game edukasi dalam melatih pemahaman dasar struktur tumbuhan pada siswa kelas 3 SD Negeri  44 Kota ternate. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah efektivitas penggunaan Sains Explorer dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang struktur tumbuhan, aspek-aspek yang membuat Sains Explorer menarik bagi siswa, serta respon siswa terhadap penggunaan game ini sebagai metode pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi terhadap siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada rata-rata nilai belajar siswa, dari 61 pada pra siklus menjadi 82 pada siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 30% menjadi 80%. Selain itu, Sains Explorer berhasil meningkatkan minat dan antusiasme belajar siswa, mendorong kemandirian belajar, serta memperkuat pemahaman konsep struktur tumbuhan secara lebih konkret dan menyenangkan. Dengan demikian, Sains Explorer dapat dijadikan media pembelajaran efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar.


Teks Lengkap:

27-38 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v13i1.10080

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id

Â