MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN KAUMAN 1 KOTA MALANG

Lis Susilawati, Nurwakhid Muliyono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV SDN Kauman 1 melalui penggunaan media scrapbook sebagai intervensi utama. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kauman 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang signifikan. Pada tahap pra-siklus, rata-rata skor motivasi siswa adalah 60, termasuk dalam kategori “Cukup Termotivasi.” Setelah penerapan media scrapbook pada Siklus I, rata-rata skor meningkat menjadi 75 dalam kategori “Termotivasi.” Peningkatan berlanjut pada Siklus II dengan skor mencapai 88, yang masuk kategori “Sangat Termotivasi.” Data observasi mendukung hasil ini, dengan peningkatan partisipasi aktif, antusiasme, dan inisiatif siswa selama proses pembelajaran. Peningkatan motivasi ini disebabkan oleh karakteristik media scrapbook yang menarik secara visual, mendorong pembelajaran aktif dan kreatif, serta menumbuhkan rasa bangga terhadap karya sendiri. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan terstruktur turut berkontribusi terhadap keberhasilan ini. Dapat disimpulkan bahwa media scrapbook efektif meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kauman 1.


Teks Lengkap:

39-49 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v13i1.10081

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id

Â