Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Daruba 2 Kepulauan Morotai Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).
Sari
Pemahaman siswa tentang operasi pecahan masih sangat terbatas sehingga
menyebabkan siswa belum mampu menyamakan penyebut yang berbeda.
Kemampuan siswa menghitung operasi hitung pecahan terutama mengoperasikannya
masih sangat kurang bagi siswa sehingga dari hasil belajar yang diperoleh masih
rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
matematika operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama melalui
model pembelajaran koopertif tipe STAD pada siswa kelas V SD Daruba 2 Morotai.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan Refleksi. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika
siswa digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sehingga hasil penelitian
setiap siklus menunjukkan peningkatan setiap siklus. Pada tindakan siklus 1 tingkat
hasil belajar siswa mencapai 30 % dan pada tindakan siklus II hasil belajar yang
dicapai siswa dengan ketuntasan belajar 90% dan telah mencapai KKM (70).
Penerapam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
hasil belajar siswa tentang operasi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
kelas V SD Daruba 2 Morotai
menyebabkan siswa belum mampu menyamakan penyebut yang berbeda.
Kemampuan siswa menghitung operasi hitung pecahan terutama mengoperasikannya
masih sangat kurang bagi siswa sehingga dari hasil belajar yang diperoleh masih
rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
matematika operasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama melalui
model pembelajaran koopertif tipe STAD pada siswa kelas V SD Daruba 2 Morotai.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan Refleksi. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika
siswa digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sehingga hasil penelitian
setiap siklus menunjukkan peningkatan setiap siklus. Pada tindakan siklus 1 tingkat
hasil belajar siswa mencapai 30 % dan pada tindakan siklus II hasil belajar yang
dicapai siswa dengan ketuntasan belajar 90% dan telah mencapai KKM (70).
Penerapam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
hasil belajar siswa tentang operasi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
kelas V SD Daruba 2 Morotai
Teks Lengkap:
47-57DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v5i1.1748
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id