PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KONSEP CERITA PENGALAMAN YANG MENGESANKAN SISWA KELAS V SD NEGERI 27 KOTA TERNATE
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri 27 Kota Ternate pada konsep cerita pengalaman yang mengesankan. pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi (4) refleksi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Sumber penelitiannya yaitu siswa kelas V SD Negeri 27 Kota Ternate. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada cerita pengalaman yang mengesankan. Hal ini dapat dilihat pada hasil siklus I, siswa yang tuntas 32,25% atau 10 siswa dengan nilai rata-rata 56,12%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 87,09% dengan nilai rata-rata 72,90% atau 27 siswa.
Teks Lengkap:
71-80DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v6i1.2681
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id