MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DISERTAI PENERAPANNYA
Wahid Umar, Suhardi Abdullah
Sari
Pengembangan kemampuan berpikir kreatif (KBK) dan cara mengukurnya menjadi salah satu tujuan pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir dalam memecahkan masalah matematika tidak rutin atau kemampuan memecahkan masalah dengan soal matematika open-ended problem. Dengan kata lain, salah satu cara mengukur kemampuan berpikir kreatif adalah dengan soal open-ended problem, yaitu soal matematika yang memiliki beragam solusi atau strategi penyelesaian. Cara lainnya adalah dengan metode problem posing, yaitu pembuatan soal, pertanyaan, atau pernyataan terkait soal atau situasi matematis tertentu. Kedua cara tersebut digunakan untuk mengukur aspek-aspek kemampuan berpikir kreatif matematis, yaitu kelancaran, keluwesan, kebaruan, keterincian, dan kepekaan. Dalam artikel ini akan dikaji pengertian berpikir kreatif matematis dan cara mengukurnya disertai beberapa contoh soal atau tugas untuk mengukurnya.