PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI 189 HALMAHERA SELATAN

Rustam Hasyim, Selvi Wulanadri, Fahrina Bahmid

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 189 Halmahera Selatan melalui model Team Quiz pada materi pokok kegiatan ekonomi dalam meningkatkan sumber daya alam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 189 Halmahera Selatan yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah soal sebanyak 10 item dan lembar observasi. Hasil penelitian dilaksanankan dalam dua siklus, silklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan model Team Quiz pada pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam meningkatkan sumber daya alam siklus I aktivitas siswa 57,5% aktivitas guru 57,5% pencapaian belajar siswa 50,45% dan penilaian kelompok 13,75% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa 22. Dalam aktivitas siswa siklus II memperoleh nilai jumlah siswa 22 dengan nilai rata-rata 92,5% aktivitas guru 97,5% hasil pencapaian belajar siswa 71,81% dan penilaian kelompok 71% menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa IV SD Negeri 189 Halmahera Selatan pada materi pokok kegiatan ekonomi dalam meningkatkan sumber daya alam dengan nilai rata – rata sebesar 71.81 dengan interpretasi Tinggi.

Teks Lengkap:

63-73


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v7i2.2691

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogikpgsd@yahoo.co.id