Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 50 Kota Ternate Melalui Model Course Review Horay Pada Tema 8 Praja Muda Karana Sub Tema 4 Aku Suka Berkarya

Niswatin Sholikhan, Darmawati Hady, Eko Purnomo

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui proses pembelajaran model course review horay pada Siswa Kelas III SD Negeri 50 Kota Ternate, melalui penggunaan model pembelajaran course review horay pada tema 8 praja muda karana subtema 4 aku suka berkarya. Desain Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini siswa kelas III dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari laki-laki 10 orang dan perempuan 8 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual, untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan untuk menghitung persentase hasil aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan Analisis data disimpulkan hasil penelitian ini menujukan terdapat peningkatan pada setiap siklus, dimana siklus I diperoleh ketuntasan belajar dengan persentase 33% sebanyak 6 siswa, aktivitas guru 71% dan aktivitas siswa 67,5%. Kemudian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa dengan persentase 83,33% siswa aktivitas guru meningkat menjadi 98% dan aktivitas siswa 92,5%. Berdasarkan hasil persentase di atas dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Mengunakan Model course review horay pada tema 8 praja muda karana subtema 4 aku suka berkarya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD 50 Kota Ternate.

Teks Lengkap:

62-72 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v10i1.4914

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id