MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TOPO 3 TIDORE KEPULAUAN PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 BENDA TUNGGAL DAN CAMPURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN

Jurina Duwila, Ridwan Jusuf, Suhardi Abdullah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri Topo 3 Tidore Kepulauan, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa SD Negeri Topo 3 Tidore Kepulauan setelah menggunakan metode pembelajaran eksperimen subtema 1 Objek Tunggal dan Campuran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 8 orang yang terdiri dari 4 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu menentukan hasil belajar siswa secara individual, menentukan ketuntasan klasikal siswa dan menghitung persentase hasil belajar  klasikal  serta  menghitung  persentase  hasil  aktivitas siswa  dan guru.  Hasil  Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dimana pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar dengan persentase 50% untuk 4 siswa, 57,5% aktivitas guru dan 47,5% aktivitas siswa. Kemudian pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar siswa dengan persentase 100% untuk 8 siswa, aktivitas guru meningkat menjadi 82,5% dan aktivitas siswa menjadi 81,25%. Berdasarkan hasil persentase di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode  eksperimen  pada  pembelajaran Subtema  1  Benda  Tunggal  dan  Benda  Campuran  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SD Negeri Topo 3 Kepulauan Tidore.


Teks Lengkap:

1-6 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v11i2.7155

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogikpgsd@yahoo.co.id