PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU KELAS RENDAH DI SD NEGERI KOTA TERNATE

Samsu Somadayo, Selvi Wulandari, Filia Ibrahim, Aprianti Aprianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pelaksanaan pembelajaran tematik di SD

Negeri Kota Ternate yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, mendeskripsikan cara mengatasi problem yang dialami guru dan siswa selama pembelajaran. Problematika pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri Kota ternate dapat disimpulkan bahwa; Problem yang dialami guru yaitu: guru kurang kreatif dalam memilih media, kondisi kelas yang kurang maksimal, metode pembelajaran kurang bervariasi, keterbatsan sarana dan prasarana yang kurang memadai,  problem  perencanaan  pembelajaran,  dan  problem evaluasi  pembelajaran tematik.  Problem yang dialami siswa sebagai berikut: kemampuan baca tulis siswa yang lamban, kurang aktif dan antusias dalam proses pembelajaran dan kehadiran siswa yang kurang disekolah. Solusi yang ditempuh untuk mengatasi problematika dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terkait problematika pendidik (guru) yakni: Guru harus kreatif dalam memilih media pembelajaran; guru harus mampu mengelolaan kelas; memilih  metode  pembelajaran  yang  variatif;  memanfaatkan  sarana  dan  prasarana  yang  ada  secara optimal; memperbaiki Perencanaan Pembelajaran; dan melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Tematik. Solusi yang ditempuh untuk mengatasi problematika dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terkait siswa yakni: meningkatkan kemampuan baca tulis siswa; membuat siswa aktif dan antusias dalam proses pembelajaran;  dan meningkatkan efektivitas  kehadiran siswa di  sekolah. ini  semua  dapat  dilakukan pendampingan/pelatihan guru di SD Negeri Kota Ternate.


Teks Lengkap:

7-16 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v11i2.7156

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id