UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 45 KOTA TERNATE MELALUI METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN PADA TEMA 7 SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Farda Afandy, Pamuti Pamuti, Eko Purnomo

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 45 Kota Ternate Pada Tema 7 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi penerapan Metode Belajar Sambil Bermain dan Mengetahui proses penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Pada Tema 7 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SD Negeri 45 Kota Ternate. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif  dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas  (PTK)  yang  dilakukan  dalam dua  siklus.  Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 45 Kota Ternate, yang berjumlah 21 orang siswa yaitu 12  siswa  laki-laki  dan  9  siswa  perempuan.  Prosedur  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui penerapan metode belajar sambil bermain terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 3 perkembangan teknologi komunikasi. Peningkatan hasil belajar siswa pada tahap siklus I terdapat 7 siswa  yang  tuntas  dan  mencapai  nilai  sesuai  indikator  keberhasilan,  dengan  persentase  33,33%, sementara 14 siswa dinyatakan belum tuntas dan belum mencapai nilai sesuai indikator dan standar KKM dari sekolah, dengan persentase 66,66%. Hal inipun terjadi pada aktivitas guru 67%, dan aktivitas siswa 60%. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yakni terdapat 17 siswa yang tuntas dan berhasil mencapai nilai KKM dengan persentase 80,95% dan 4 siswa lainya belum tuntas dan belum mencapai nilai sesuai dengan standar KKM dari sekolah, dengan   persentase 19,04%, begitupun aktivitas guru meningkat menjadi 93%, dan aktivitas siswa meningkat menjadi 93%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode belajar sambil bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 45 Kota Ternate.


Teks Lengkap:

17-26 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v11i2.7157

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id