PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 49KOTA TERNATE PADA SUBTEMA 1 SUHU DAN KALOR
Sari
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 49 Kota Ternate, yang berjumlah 20 orang siswa, 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Prosedur pengumpulan data adalah pretes dan postes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa maka semua data yang diperoleh selama penelitian dapat dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus gain ternormalisasi (��). Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada tahap siklus I terdapat 6 siswa yang mencapai nilai sesuai indikator keberhasil dan standar KKM, dengan persentase 30%, sementara 14 siswa dinyatakan belum mencapai nilai sesuai indikator dan standar KKM dari sekolah, dengan persentase 70%. Sedangkan pada aktivitas guru 62,68% dan aktivitas siswa 55,39%. Pada siklus II mengalami peningkatan, terdapat 17 siswa memperoleh persentase 85% sedangkan 3 siswa memperoleh persentase 15%, aktivitas guru meningkat menjadi 88,56%, dan aktivitas siswa 86,16%. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 49 Kota Ternate.
Teks Lengkap:
27-35 PDFDOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v11i2.7159
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id