PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 49KOTA TERNATE PADA SUBTEMA 1 SUHU DAN KALOR

S Nurman, Pamuti Pamuti, Selvi Wulandari, Suhardi Abdullah

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas  belajar siswa dan mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan  jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 49 Kota Ternate, yang berjumlah 20 orang siswa, 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Prosedur pengumpulan data adalah pretes dan postes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa maka semua data yang diperoleh selama penelitian dapat dianalisis secara deskriptif dengan  menggunakan  rumus  gain  ternormalisasi  (��).  Hasil  penelitian  menunjukkan  hasil  belajar siswa   pada tahap siklus I terdapat 6 siswa yang mencapai nilai sesuai indikator  keberhasil dan standar KKM, dengan persentase 30%, sementara 14 siswa dinyatakan belum mencapai nilai sesuai indikator dan standar KKM dari sekolah, dengan persentase 70%.  Sedangkan  pada aktivitas guru 62,68%  dan  aktivitas  siswa  55,39%.  Pada  siklus  II  mengalami  peningkatan,  terdapat  17  siswa memperoleh  persentase  85%  sedangkan  3  siswa  memperoleh  persentase  15%, aktivitas  guru meningkat menjadi 88,56%, dan aktivitas siswa 86,16%. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan  hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 49 Kota Ternate.


Teks Lengkap:

27-35 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v11i2.7159

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogikpgsd@yahoo.co.id