PENGGUNAAN MEDIA KOMBINASI (FIELD TRIP DAN DEMONSTRASI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA MALANG

Iwan Abdy, Dwi W Nurharyanto, L Susilawati

Sari


Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat digunakan untuk mencapai hasil yang

maksimal. Diharapkan guru memberikan pengajaran yang menarik dan mudah dipahami serta menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan sehingga peserta didik tidak bosan. 23 peserta didik SD Muhammadiyah 2 kelas IV berpartisipasi dalam penelitian ini. metode Field Trip dapat dimanfaatkan dalam pendidikan IPA dengan mengajak peserta didik belajar di luar kelas seperti ke perkebunan atau museum. Field Trip adalah upaya guru untuk memberikan pengalaman secara otentik bagi peseta didik untuk meningkatkan keterampilan sosial, menyalurkan pengetahuan peserta didik, mendorong peserta didik agar berpikir kreatif, serta melihat dan mengetahui masalah secara langsung. Sedangkan demonstrasi merupakan suatu teknik penyajian pengajaran dengan memperlihatkan serta menampilkan suatu objek kepada peserta didik. Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II merupakan tiga tahapan penelitian. Pada Siklus I, menggunakan media visual Field Trip yang membantu 19 peserta didik (83%) memperoleh hasil belajar di atas KKM. Perbaikan pembelajaran Siklus II dilakukan bertujuan untuk lebih memantapkan pemahaman peserta didik dengan menggunakan metode demonstrasi. Pada penelitian Siklus II hasil belajar diatas KKM sebanyak 21 peserta didik (91%) dengan nilai tertinggi 100 dan terendahnya 65.


Teks Lengkap:

36-44 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v11i2.7160

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogikpgsd@yahoo.co.id