PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 33 KOTA TERNATE
Sari
Pembelajaran di kelas tidak terlepas dari peran guru sebagai pendidik, terdapat permasalahan didalam kelas diantaranya siswa yang belum bisa mengembangkan daya imajinasinya dalam artian kurang kreatif dan kurang peka terhadap keindahan dalam membuat catatan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui peningkatan kreativitas siswa kelas IV SDN 33 Kota Ternate Pada pembelajaran tematik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 33 Kota Ternate, yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian, melalui penerapan model Mind Mapping terdapat peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik. Peningkatan kreativitas siswa pada siklus I terdapat 11 siswa yang tuntas dan mencapai kategori kreatif, dengan persentase 47,8% standar KKM 70. Kemudian pada siklus II kreativitas siswa mengalami peningkatan, yakni terdapat 19 siswa yang mencapai kategori kreatif dengan persentase
82,60%. Demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan
kreativitas siswa kelas IV SDN 33 Kota Ternate.
Teks Lengkap:
45-51 PDFDOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v11i2.7161
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id