PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 33 KOTA TERNATE

Nabila Rustam, Darmawati Hadi, Sukria Ahsan

Sari


Pembelajaran di kelas tidak terlepas dari peran guru sebagai pendidik, terdapat permasalahan didalam kelas diantaranya siswa yang belum bisa mengembangkan daya imajinasinya dalam artian kurang kreatif dan kurang peka terhadap keindahan dalam membuat catatan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui peningkatan kreativitas siswa kelas IV SDN 33 Kota Ternate Pada pembelajaran tematik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 33 Kota Ternate, yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian,  melalui  penerapan  model  Mind  Mapping  terdapat  peningkatan  kreativitas  siswa  pada pembelajaran tematik. Peningkatan kreativitas siswa pada siklus I terdapat 11 siswa yang tuntas dan mencapai kategori kreatif, dengan persentase 47,8% standar KKM 70. Kemudian pada siklus II kreativitas siswa mengalami peningkatan, yakni terdapat 19 siswa yang mencapai kategori kreatif dengan persentase

82,60%.  Demikian,  dapat  disimpulkan  bahwa  penerapan  model  Mind  Mapping  dapat  meningkatkan

kreativitas siswa kelas IV SDN 33 Kota Ternate.


Teks Lengkap:

45-51 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v11i2.7161

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogikpgsd@yahoo.co.id