UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 45 KOTA TERNATE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 MANUSIA DAN LINGKUNGAN

Sunarti Talaohu, Darmawati Hady, Eko Purnomo, Kodrat Hi Karim

Sari


          Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan model Talking Stick dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Ternate dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Ternate menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada tema 8 subtema 1 manusia dan lingkungan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Ternate, yang berjumlah 28 orang siswa, diantaranya 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Prosedur pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan angket.

              Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick ini telah mengalami peningkatan motivasi belajar siswa pada tema 8 subtema 1 manusia dan lingkungan. Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal sebagai berikut: motivasi belajar dalam pembelajaran tematik terjadi peningkatan mengenai jumlah siswa yang berhasil memenuhi kriteria motivasi. Hal ini ditunjukan dengan rata rata skor motivasi belajar 47,12 dengan persentase skor motivasi belajar keseluruhan yaitu 59% sebelum diberikan tindakan, rata rata skor motivasi belajar 61,60 dengan persentase skor motivasi belajar keseluruhan yaitu 77% setelah diberikan tindakan pada siklus I, dan rata rata skor motivasi belajar 69,22 dengan persentase skor motivasi belajar keseluruhan yaitu 86% setelah diberikan tindakan siklus II. Hal ini juga terjadi peningkatan yang signifikan pada aktivitas guru (66,66%) dan aktivitas siswa (59,10%) pada siklus I, dan pada aktivitas guru (93,33%) dan aktivitas siswa (84,10%) pada siklus II. Berdasarkan hasil persentase diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 45 Kota Ternate.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model pembelajaran Talking Stick.


Teks Lengkap:

12-23 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v12i1.8198

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id