PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 KOTA TERNATE

Wawan Suprianto Nadra, Darmawati Hady Hady, Wa Ode Harnin

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria valid, kriteria praktis, dan mengetahui keefektifan pengembangan media pop-up book materi daur hidup hewan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 56 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono dan penelitian ini dibatasi sampai pada langkah keenam yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai dari validator ahli media 81,25%, validator ahli materi diperoleh nilai 91,67%, sehingga dinyatakan memenuhi kriteria valid dan layak digunakan. Untuk nilai keparaktisan dari media pop-up book diperoleh nilai 93,33% dan nilai 84,89% diperoleh dari respon siswa, sehingga media dinyatakan memenuhi kriteria praktis dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kemudian, nilai keefektifan diperoleh dari nilai rata-rata hasil tes pretest sebesar 73 dan tes posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 85 dari KKM ≥70, sehingga media pop-up book dinyatakan memenuhi kriteria efektif yang diperoleh dari nilai rata-rata hasil tes tertinggi sebesar 85 dari 33 siswa. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pop-up book materi daur hidup hewan untuk siswa kelas IV SD Negeri 56 Kota Ternate dapat dinyatakan sebagai media yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dan siswa.

 

Kata Kunci: Media, Pop-Up Book, Daur Hidup Hewan

Teks Lengkap:

65-75 PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/pedagogik.v12i1.8204

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung

Kampus I Universitas Khairun, Akehuda Jl Bandara Babullah Kota Ternate Utara | Email: pedagogik@unkhair.ac.id