Edukasi Kesehatan Reproduksi Masa Remaja pada Siswa-Siswi di SMK Tunas Harapan, Jakarta Utara

Kristoforus Marselinus, Ellynia Ellynia, Hardin La Ramba, Muhammad Rizky Yusuf

Sari


Permasalahan kesehatan reproduksi di kalangan remaja masih menjadi isu penting,
terutama akibat keterbatasan akses terhadap informasi yang akurat dan terpercaya.
Program edukasi dan penyuluhan kesehatan reproduksi yang dilaksanakan di SMK Tunas
Harapan, Jakarta Utara, bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja
terhadap isu-isu kesehatan reproduksi. Metode yang digunakan adalah edukasi interaktif
berbasis bukti, meliputi ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, dan role play, dengan
evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan rata-rata
N-Gain sebesar 63,5%, dengan 76% peserta berada pada kategori “efektif” dan sisanya 24%
“cukup efektif”, tanpa ada yang tergolong “kurang efektif”. Temuan ini menunjukkan bahwa
pendekatan edukatif yang kontekstual, interaktif, dan inklusif mampu menjangkau seluruh
peserta meskipun terdapat variasi pemahaman awal. Tantangan seperti keterbatasan durasi
dan sensitivitas materi menjadi catatan penting untuk pengembangan lanjutan. Disarankan
penguatan program melalui modul lanjutan, metode blended learning, serta keterlibatan
orang tua dan guru Bimbingan Konseling. Program ini terbukti efektif tidak hanya dalam
meningkatkan literasi kesehatan reproduksi, tetapi juga mendukung pencapaian tujuan
pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam membentuk generasi muda yang sehat,
bertanggung jawab, dan sadar reproduksi. Dengan demikian, intervensi semacam ini layak
untuk direplikasi secara luas di berbagai institusi pendidikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


World Health Organization. Adolescent Sexual And Reproductive Health: A Global

Perspective. Geneva: Who; 2022.

Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (Bkkbn). Laporan Tahunan

Kesehatan Reproduksi Remaja Di Indonesia. Jakarta: Bkkbn; 2023.

Handayani N, Rahmi N. Profil Gender Dan Anak Kota Bukittinggi Tahun 2024 N.D.

Unicef Indonesia. Meningkatkan Gizi Remaja Di Indonesia N.D.

Volume 4 Nomor, 1 Juni 2025

P-ISSN : 2963-9557

E-ISSN : 2962-7141

Mariana Ngundju Awang. Inovasi Kesehatan Reproduksi Remaja Dalam Pembuatan

Aplikasi “‘Care4teens’” 2024;6:1833–40.

Durisah. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Remaja Putri

Tentang Kebersihan Organ Reproduksi Pada Saat Menstruasi Di Smp Pesantren

Pancasila Kota Bengkulu Tahun 2016 2016.

Fairuz Rs, Dewi Rs, Taufik M. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Proses Pembelajaran Ipas. Jurnal

Pendidikan Dasar Perkhasa 2025;11:458–66.

Https://Doi.Org/10.31932/Jpdp.V11i1.4446 Surel.

Widodo, Slamet., Ladyani, Festy., Asrianto, Ode. Et Al. Buku Ajar Metode Penelitian.

Pangkalpinang: Cv. Science Techno Direct; 2023.

Sudirman. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran “Neurosains Dan Multiple

Intelligence.” 2024.

Dhiana Setyorini. Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi. 2024.




DOI: https://doi.org/10.33387/pekan.v4i1.10272

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.